18 August 2016

Menjaga dan Merawat Performa Motor Tetap Sabil

Motor yang sehat akan menciptakan performa yang mantap,banyak hal bisa dilakukan agar performa motor tetap stabil. Motor yang memiliki performa baik berawal dari mesin yang terus terjaga kestabilannya

2267
5 (100%) 3 votes

Table contents

  • Servis motor teratur
  • Mengganti oli mesin secara teratur
  • Pengisian bahan bakar yang cocok
  • Memantau sistem kelistrikan motor
  • Selalu menjaga kualitas ban motor
  • Menjaga pembersih bodi
  • Mengatur pemakaian motor

  Sumber: www.camargus.com

Hei motor mania.. kali ini camargus akan membagikan beberapa tips agar motor kesayangan kalian selalu dalam keadaan sehat alias tetap "in good condition" walau sudah memiliki usia yang lama. Well, motor yang sehat merupakan dambaan setiap motor mania, apalagi bila performa masih mantap seperti ketika pertama kali dibeli. Sobat motor mania, banyak hal bisa kalian lakukan agar performa motor tetap stabil. Motor yang memiliki performa baik berawal dari mesin yang terus terjaga kestabilannya. Performa pada motor kesayangan kalian akan memiliki kendala apabila motor yang kalian gunakan tidak diwarat dengan baik dan benar. Pada kesempatan ini camargus akan memberikan tips bagaimana menjaga performa motor kesayangan kalian agar tetap stabil.

Kenapa motor harus diservis secara teratur?? Jawabannya tentu saja karena dengan servis secara teratur akan menjaga mesin motor anda akan tetap stabil., setuju gak?? Layaknya sebuah pepatah lama yang menyatakan “Lebih baik mencegah daripada mengobati” maka hal ini tidak jauh berbeda dengan kondisi kesehatan sepeda motor kalian yang membutuhkan perawatan/servis berkala untuk tetap menjamin performa senantiasa berada dalam kondisi prima. Oiya, satu hal lagi, penting untuk diketahui bahwa perawatan berkala, keamanan berkendara dan biaya operasional selalu berjalan beriringan.

Servis berkala harus dilaksanakan untuk menjaga ketahanan dan ketangguhan kendaraan motor kalian. Perawatan berkala juga berdampak menurunkan biaya perawatan dan perbaikan kendaraan. Tapi ingat, lakukan perawatan berkala motor anda hanya pada bengkel resmi yang tersebar diseluruh Indonesia yah!!!

Dalam buku Pedoman Pemilik Anda juga akan menemukan tabel yang menunjukkan interval jarak tempuh atau waktu yang tepat untuk melakukan perawatan berkala. Diharapkan anda bisa memahami apa saja perawatan yang dilakukan motor Anda secara berkala. Ikuti petunjuk dan segera datangi bengkel resmi untuk melakukan perawatan motor anda. Jangan pernah menunda untuk menservis motor anda agar tidak terjadi kerusakan yang fatal pada motor anda, dan satu lagi jangan sampai servis motor disembarang tempat. Semangat untuk selalu menjaga motor anda.


  Sumber: www.camargus.com

Selanjutnya yang menjadi pertanyaan adalah "Menapa harus mengganti oli mesin secara teratur?" Yup..tentu saja karena penggantian oli secara teratur dan benar akan menjaga kestabilan mesin dalam menjaga setiap komponen yang ada didalam mesin motor. Mengganti oli secara teratur dengan benar sangat dianjurkan karena setiap motor memiliki jenis mesin yang berbeda-beda. Maka penggantian oli harus diperhatikan sesuai dengan motor yang anda gunakan. Jangan pernah mengganti oli mesin sembarangan karena akan mengganggu performa mesin motor anda. Anda lebih baik mengganti oli mesin setiap 1.500 km saja atau maksimal 2.000 km meskipun semua pabrikan bilang ganti oli mesin bisa sampai 3.000 bahkan 10 ribu km. Tapi demi menjaga safety dan kesehatan motor anda, gak ada salahnya kalau anda mengganti oli setiap 1.500 km saja.


Tips pertama dalam mengganti oli mesin harus diperhatikan pada jumlah km dimotor anda. Jangan pernah menunda untuk mengganti oli mesin motor anda apalagi menganggapnya sepele karena akan berpengaruh terhadap komponen di dalam mesin seperti piston aus, yang berujung pada terganggunya performa motor anda. Tetap semangat dalam menjaga mesin motor kesayangan anda yah!!!


  Sumber: www.camargus.com

Tahukah anda bahwa pemilihan bahan bakar motor akan berpengaruh pada keawetan mesin motor anda? Penggunaan bahan bakar yang tepat dapat menambah usia motor, membuat tarikan motor lebih ringan dan membuat mesin motor lebih awet. Namun pada kenyataannya masih banyak pengguna motor baru yang berkompresi tinggi mengantri panjang di pompa bensin jenis Premium.


Dilihat dari sisi ekonominya, sobat motor mania perlu tahu bahwa pengeluaran yang akan sobat mania keluarkan apabila motor kesayangan sobat rusak jauh lebih besar ketimbang uang yang sobat hemat dari penggunaan bensin premium. Nah untuk itulah sobat mania sebaiknya lebih memperhatikan mesin motor sobat mania selagi masih baik performanya, dan sebaiknya memilih jenis bahan bakar sesuai dengan motor anda dan jangan sampai salah memilih jenis bahan bakar yang akan berakibat fatal terhadap mesin motor anda.


  Sumber: www.camargus.com

Berikut ini tips untuk merawat kelistrikan pada motor anda, kelistrikan motor sangat penting dan berpengaruh besar pada performa sepeda motor baik secara langsung maupun tidak. Gejala yang langsung kita rasakan bisa berupa tiba-tiba motor mogok, mesin tidak bisa dihidupkan dan lain-lain. Sedangkan yang tidak langsung contohnya motor tiba-tiba ngadat dan kecepaatan tinggi tiba-tiba drop serta bohlam pun sering putus.


Nah untuk meminimalisir terjadinya kejadiaan seperti disebutkan diatas,ada beberapa yang harus sobat modifperhatikan seperti, baterry/aki, kabel bodi, regulator/kiprok dan generator/sepul. Perhatikan dan jaga sistem kelistrikan motor anda secara benar agar performa motor anda tetap stabil dan jauh dari ngadat.


  Sumber: www.camargus.com

Cara merawat ban motor atau membuatnya agar lebih awet dan tidak cepat licin sangat penting untuk dipahami bagi seorang biker. Hal paling utama kenapa ini harus diperhatikan karena fungsi ban yang sangat vital baik untuk performa motor ataupun keselamatan pengendaranya.


Merek ban yang bagus sudah jelas akan dibanderol dengan harga yang relative lebih mahal dari produk standar pada umumnya. Namun dilihat dari kualitasnya memang tidak dapat dipungkiri bahwa dengan memilih produk kualitas baik, meskipun dengan harga selangit tentunya tidak akan pernah berakhir mengecewakan. Ban yang baik biasanya memiliki kompon lebih lunak sehingga memang sangat bagus dalam mencengkeram atau menapak pada permukaan jalan.


Merawat ban dengan cara pakailah ban berukuran sesuai dengan velg yang dianjurkan pabrikan motor anda. Hal kecil yang perlu anda perhatikan adalah pentil ban, jangan sampai pentil ban yang kita gunakan mengalami kebocoran. San yang terakhir telitilah dalam hal menggunakan motor dan beban seberapa berat yang anda tunggangkan ke motor anda.


  Sumber: www.camargus.com

Pada saat kita mencuci motor, cucilah bagian yang paling kotor pertama. Biasanya kita cuci dulu ban, setelah itu fender, rantai dan pada bagian bawah mesin. Kenapa kita harus mencuci bagian bawah dulu, agar kotoran tidak ikut saat kita mengelap bodi bagian atas motor. Gunakan busa yang halus untuk mencuci bodi motor. Bila memungkinkan bro harus memiliki lebih dari 1 lap, agar tiap bagian motor bisa menggunakan lap yang berbeda. Bagian bawah kita pergunakan lap yang beda dengan bagian atas motor.

Saat mencuci, pilih sabun khusus yang memang diperuntukkan untuk mencuci motor. Kadang-kadang ada beberapa orang yang memakai sampho untuk membersihkan motor kesayangan. Saat proses pengeringan semua pasti memiliki benda yang bernama kanebo. Pergunakan kain tersebut, karena kain tersebut, kemungkinan bodi motor tergores semakin kecil. Selain faktor kelembutan kanebo, motor yang dilap menggunakan kain ini bisa cepat kering.


  Sumber: www.camargus.com

Agar kendaraan kesayangan Anda khususnya sepeda motor roda dua tidak mudah rusak dan awet sehingga mesin motor Anda tidak cepat bongkar (turun) mesin karena kerusakan berat, berikut tips dalam menggukannya pada aktivitas sehari-hari, (1) Jika motor tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama (lebih dari 2 hari), pada saat mesin motor akan dihidupkan kembali, jangan langsung menggunakan tombol start tapi hidupkan mesin dengan menggunakan engkol kaki, agar oli dalam mesin dapat naik terlebih dahulu, (2) Saat memutar gas motor usahakan jangan terlalu dihentak-hentakan, (3) Pada waktu menambah atau mengurangi gigi persneling, usahakan gas dalam posisi terendah atau kosong, setelah gigi persneling berpindah silahkan putar lagi gasnya.

Yaps.... inilah beberapa info untuk menjaga performa motor kesayangan anda tetap stabil. Jangan menunda apabila terjadi kendala pada motor anda, dan pergilah ke bengkel resmi sesuai dengan pabrikan motor anda.