21 August 2016

Modifikasi motor bagi pemula yang gak kampungan

Hai.. pecinta roda yang masih pemula dan ingin memodifikai motor agar tampak lebih indah kalau dipandang. Bagi pemula yang belum banyak mengerti tentang motor ada bebera trik dalam memodifikasi motor.

1965
4.5 (90%) 4 votes

Table contents

  • Modifikasi
  • Warna atau cat motor
  • Cat PU
  • Ban dan Velg
  • Ukuran ban dan Velg
  • Bodi dan Aksesoris motor
  • Tujuan Modifikasi

  Sumber: www.camargus.com

Hai.... pecinta roda yang masih pemula dan ingin memodifikai motor agar tampak lebih indah kalau dipandang. Bagi pemula yang belum banyak mengerti tentang motor ada bebera trik dalam memodifikasi motor kesayangan kalian. Motor itu kalau udah nyatu banget sama kita maka kita akan sayang banget sama itu motor, kita gak pernah ragu untuk mengeluarkan modal untuk melakukan makeover agar tampilan motor kesayangan kita agar tampak lebih menawan. By the way ini bagi pemula yang belum memahami modifikasi, maka eksplorin diri kalian dalam memodifikasi motor kesayangan kalian baik dari segi warna motor, velg, maupun tampilan lain nya yang kalian anggap itu kalian banget. Ini ada beberapa trik dalam memodifikasi motor :

Warna atau cat pada motor adalah tampilan yang sangat di perhatikan, dimana warna yang indah akan menjadikan motor sobat menjadi menarik saat di pandang. Warna pada motor sangat tergantung pada si pemilik kendaraan tersebut, karena selera warna cat itu merupakan visual. Nah,,, bagi pemula yang ingin mengecat warna motor sesuai keinginan kalian maka kalian harus tau bagaimana memadukan warna cat motor sesuai dengan selera kalian. Setelah memilih warna kesukaan kalian maka barulah memilih cat yang bagus untuk motor kalian, dimana jenis-jenis cat sangat banyak dan mutunya juga berbeda-beda. Disini saya akan membagikan beberapa jenis cat yang bagus untuk motor dan bermutu bagus untuk motor kesayangan kalian. Secara garis besar ada dua buah jenis cat yang sering digunakan dalam mengecat motor, yaitu jenis PU kepanjangan dari Poly Urethane dan NC kepanjangan dari Nitro cellulose.


  Sumber: www.camargus.com

Kalau kalian ingin mengecat motor banyak saran menggunakan jenis PU, kenapa harus menggunakan jenis PU ini, karena cat jenis ini sangat banyak keunggulan nya dibandingkan dengan jenis NC. PU ini sangat dipercaya oleh pelaku industri pengecatan, baik perusahaan mobil, motor, atau bengkel cat mobil dan airbrush (meskipun cat airbrush ada jenisnya sendiri), di karenakan mempunyai beberapa keunggulan dibanding jenis NC, tetapi juga tidak luput dari kelemahannya.

Beberapa keunggulan cat jenis PU adalah : Daya kilap yang tinggi (kinclong banget pokoknya), daya tutup permukaan yang bagus, keras, tahan gores, tidak cepat pudar, variasi warna yang banyak sekali, itu adalah keunggulannya, sedangkan kelemahannya adalah : Daya kering yang lama (untuk sebagian bengkel cat yang tidak memiliki oven), sangat mahal (per liter mencapai 200.000 ke atas, bahkan bisa lebih), sulit di dapat kecuali di toko cat khusus otomotif.


Setelah sobat mendapat jenis cat PU ini, maka barulah datang ke tukang cat motor yang berpengalaman, bagaimana kita tahu dia berpengalaman. Datanglah ke bengkel tempat dia ngecat dan liatlah hasil yang dikerjakan oleh dia.


  Sumber: www.camargus.com

Untuk tampilan motor kesayangan kalian lebih indah lagi, maka ban dan velg perlu diupgrade dengan menawan. Ban dan velg yang telah dimodifikasi akan menambah kepercayadirian kalian dalam menunggani si kuda besi. Ban dan velg adalah sesuatu yang di perhatikan dalam memofikasi motor kesayang kalian, dimana ada banyak jenis ban dan velg yang ada di pasaran. Pilihlah jenis ban dan velg untuk motor kesayangan kalian dengan karakter motor dan karakter pribadi kalian

Secara garis besar antara ban dan velg yang digunakan harus sesuai, karena kalau tidak sesuai akan terlihat aneh. Maka pintar-pintarlah dalam memilih ban dan velg agar sesuai dengan kebutuhan si motor agar performanya tettap terjaga. Berikut ulasan ukuran ban dan ukuran velg yang sesuai.


  Sumber: www.camargus.com

Dari data di atas ukuran velg yang paling sesuai adalah angka yang berwarna hijau, angka yang warna merah artinya boleh digunakan namun ban terkesan agak kotak, dan warna kuning artinya boleh digunakan namun nantinya ban terkesan sedikit lonjong atau banyak orang bilang bentuknya sedikit ngedonat. Nah guys jangan sampe salah memilih ukuran ban dan velgnya ya....


  Sumber: www.camargus.com

Agar kelihatan lebih menawan perombakan bodi dan penambahan aksesoris merupakan komponen lain yang membuat tampilan motor menjadi lebih menarik. Perombakan bodi dan sasis pada motor dilakukan agar tampilan motor kesayangan kalian menjadi lebih elegan. Bodi motor merupakan bagian utama yang seringkali diutamakan dalam modifikasi. Pada bagian badan motor ini bisa di pendekkan sehingga tempat duduk bagian depan lebih rendah dan begitu tinggi di posisi belakang. Aksesoris yang bisa ditambahkan dalam modifikasi motor kesayangan kalian datang saja ke toko penjualan aksesoris dan pilihlah aksesoris yang kalian inginkan dan menurut kalian itu bagus apabila ditambah atau diganti. Dalam menambahkan aksesoris untuk motor kalian jangan sampai berlebihan, gunakan aksesoris yang kalian inginkan demi mewujudkan diri kalian sebenarnya melalui modifikasi si kuda besi ini. Ada beberapa aksesoris yang perlu di tambahkan atau diganti bagi pemula yang pastinya tidak memakan banyak biaya dan tidak kampungan.

Maka, ketika memodifikasi, carilah informasi letak bengkel atau toko variasi yang dikenal berkualitas. Jika modifikasi yang dilakukan tergolong ekstrem, anda harus meminta tolong builder atau modifikator. Tidak bisa jika hanya sekedar penjual aksesoris. Dua poin sangat penting yaitu: Modifikasi tidak mengganggu kenyamanan berkendara dan tidak mengurangi fungsi motor sebagai alat transportasi yang aman dikendarai, nyaman, dan rendah dalam biaya operasional. Yang perlu diwaspadai adalah : Terkadang modifikasi malah menimbulkan banyak masalah. Tujuan tidak tercapai, namun masalah malah muncul.

Semoga saja tips ini bisa bermanfaat buat para modifikator-modifikator yang masih pemula dan masih belum tahu betul tentang motor-motor yang paling update, dan mungkin juga masih terlalu rumit buat para pemula untuk bisa memodifikasi motornya sendiri. Salam otomotif.