27 July 2016

Review Motor Klasik Pernah Singgah Di Tanah Air

Motor klasik yang pernah singgah di tanah air kita beragam jenis sehingga para kolektor motor klasik rela mengeluarkan duit demi membawa pulang motor klasik idaman nya.Berikut ulasan selengkapnya.....

1536
5 (100%) 2 votes

Table contents

  • Motor klasik
  • Honda Super Cup
  • Astrea 700 dan astrea 800
  • Vespa
  • Jenis-jenis Vespa
  • Suzuki TS 125
  • Suzuki TS 125 yang masuk ke Indonesia

Seperti kita ketahui sekarang banyaknya varian motor baru yang merajai jalanan baik itu motor matic, motor bebek maupun motor klas sport. Tapi janga salah pesona motor era jaman dulu yang pernah hadir di tanah air kita yang sangat indah untuk dijadikan sebuah memori didalam ingatan kita semua. Banyak kolektor motor yang mengatakan motor klasik itu adalah anugrahnya roda dua yang sekarang mulai pudar, apalagi dikalangan anak muda jaman sekarang. Motor klasik yang pernah singgah di tanah air kita beragam jenis sehingga para kolektor motor klasik rela mengeluarkan duit demi motor klasik idaman nya. Flashback ke jaman dulu ada beberapa jenis motor klasik yang sangat di gandrungi oleh pecinta roda dua.

Motor super cup ini merupakan motor yang pernah merajai pasar kendaraan roda dua di tanah air kita dan tercatat dalam sejarah otomotif. Motor super cup yang pernah hadir dengan elegan yang di produksi dari pabrikan honda asal negeri matahari terbit alias Jepang ini ada astrea 700 dan astrea 800. Kedua motor ini merupakan upgradetan dari motor Honda C50, C70 dan C90 (C90 menggunakan kopling). Honda super cup ini merupkan motor bebek yang banyak diminati oleh kalangan anak muda dan dewasa pada era 80-an. Honda super cup ini sangat memanjakan pengemudinya dimana mesinnya yang bandel, tarikan nya enteng serta irit bahan bakar di kelasnya yang tidak menguras isi dompet si pengemudinya. Motor ini pertama kali diluncurkan di khususkan bagi kaum wanita, tetapi lama kelamaan kaum pria mulai tertarik juga dengan motor ini karena desainya yang tidak feminim. Honda super cup ini menggunakan mesin jenis empat tak yang tidak bising seperti dua tak.yang bising dan masih menggunakan oli samping.


  Sumber: www.camargus.com

Motor astrea 700 dengan kapasitas 70 cc dan transmisi 3-speed. Motor ini sudah menjadi legenda otomotif yang hadir di tanah air kita, banyak para kolektor yang mencari motor klasik ini untuk dijadikan koleksinya. Kalaupun masih ada motor klasik ini banyak dengan kondisi yang tidak utuh lagi, harga motor ini sekarang sekitar 1 juta sampai 3 jutaan tergantung dengan kondisi motornya.


  Sumber: www.camargus.com

Yapss.. motor vespa merupakan motor unik dan menjadi legenda otomotif berikutnya yang merupakan motor klasik pernah hadir di tanah air kita. Bagi para pecinta pengendara roda dua jenis ini tidak pernah pudar hingga saat ini. Susahnya hanya mencari orderdil dari motor ini. Pecinta motor vespa klasik ini tidak pernah memikirkan jenis motor keluaran terbaru seperti sekarang walaupun sekarang udah ada jenis vespa matic. Motor vespa ini sangat menarik perhatian di kalangan roda dua karna bentuknya yang unik serta ketangguhan mesin nya dalam mengaspal di permukaan bumi.
Vespa ini merupakan jenis kendaraan roda dua yang di produksi darinegara menara miring alias Italia. Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai saingan berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak mempunyai saingan lagi. Pasar sepeda motor Indonesia yang unik tidak memberikan kesempatan kepada Vespa untuk menjadi besar. Merek yang diedarkan oleh PT Dan Motor Indonesia ini mempunyai penggemar fanatik, dan klub-klub penggemar Vespa (terutama Vespa klasik) menjamur diberbagai kota di Indonesia.

Vespa juga termasuk alat transportasi yang ekonomis, karena harganya yang relatif murah tapi tetap berkualitas. Adapun jensi-jenis vespa yang pernah singgah di tanah air kita seperti MP5 (moto piagio 5) paperino diproduksi tahun 1943, MP6 Prototipe diproduksi tahun 1945, Vespa 98 dan vespa 98 II , Vespa 98 cc Race dan vespa 98 cc racing (circuit) diproduksi pada tahun 1947, Vespa 125 , vespa 125corsa "telaio in lega" , vespa 125 corsa circuit diproduksi tahun 1948 – 1949, vespa monthlery jenis ini di produksi tahun 1950, vespa 'siluro' dan vespa 125 pada tahun 1951. Harga vespa klasik ini sangat variasi tergantung dengan kondisi dan tahun pembuatan nya.


  Sumber: www.camargus.com

Okeh..... tadi udah cerita banyak tentang motor klasik jenis bebek dan skuter, dan segmen ini kita mau flashback motor klasik jenis dua tak. Motor ini merupakan salah satu motor offroad produksi Suzuki yang laris manis pada saat itu. Dengan segmen motor offroad yang masih sedikit pesaingnya, Suzuki berhasil menempatkan TS 125 series ke dalam hati para konsumennya. Suzuki TS 125 adalah enduro bike berkubikasi 123 cc dua langkah bertenaga 13 hp di 7000 rpm. Diproduksi suzuki pertama kali tahun 1970 dan sejak tahun 1991 untuk pasar Amerika berspesifikasi 124 cc, liquid cooled, 22 hp sementara untuk pasar jepang bermesin 4 tak DOHC bertenaga sama dengan versi amrik 22 hp di 9500 rpm.

Di Indonesia diproduksi terakhir tahun 1993-2005. Sepeda motor yang bisa digunakan di segala medan ini, menjadi salah satu senjata PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk merebut hati bikers tanah air. Suzuki TS 125 sendiri, selain dijual di Indonesia dijual juga di Jepang dan Amerika. Model yang masuk ke Indonesia adalah TS 125 ER. Mulai diproduksi dan masuk di tanah air pada tahun 1993, dan distop produksinya pada tahun 2005. Jadi, jika ditotal motor ini mampu bertahan selama 12 tahun. Dalam segi desain, TS 125 ER yang banyak dijual di Indonesia ini merupakan versi penyempurnaan dari pendahulunya. Model ini telah adopsi sok depan yang lebih tinggi, dan suspensi belakang model monosok. Tidak lupa, area swing arm telah dibuat menggunakan bahan alumunium yang ringan dan kokoh. Masalah performa tidak diragukan lagi dari motor TS 125 ini, motor ini sangat tangguh dalam menerjang medan jalanan. Pada jaman dulu motor TS 125 ini banyak di tunggangi oleh aparatur negara seperti TNI dan POLRI. Di sektor mesin, TS 125 ER telah dibekali dengan reed valve system atau yang lebih dikenal dengan katub buluh. Berbeda dengan versi sebelumnya yang masih menggunakan tipe rotary valve. Selain itu, sistem transmisi juga sudah 6-speed yang membuat tenaga lebih merata disetiap putaran mesin.


  Sumber: www.camargus.com

Nah guys, mungkin ini sekilas mengenan memori dimasa lalu dimana jenis-jenis ini pernah merajai kendaraan roda dua di tanah air kita. Banyak jenis motor yang menjadi pesona dimasa lalu dan sampai sekrang masih ada pecinta dari motor-motor jenis ini. Jangan lupakan keindahan dimasa lalu walaupun masa sekarang ini banyak hadir varians terbaru. Indahnya berbagi dalam klasik. Salam otomotif...