19 December 2016

Spesifikasi Land Rover Defender dan Harganya

Land Rover telah menghasilkan beberapa model, seperti Defender, Freelander 2, Discovery 4, Range Rover Evoque serta Range Rover Sport. Nah, kali ini Camargus akan membahas spesifikasi dari Defender.

6823
5 (100%) 2 votes

Table contents

  • Debut Land Rover Defender
  • Penggunaan Nama Defender
  • Desain Land Rover Defender
  • Mesin dan Transmisi Land Rover Defender
  • Aksesoris Land Rover Defender
  • Harga Land Rover Defender

Halo sobat Camargus sekalian, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan agar kita dapat terus melakukan aktifitas kita sehari-hari. Masih bersama Camargus yang masih setia membahas kabar dan berita seputar dunia otomotif yang terus berkembang setiap harinya.

Baiklah sobat sekalian, setelah beberapa saat yang lalu kita membahas mengenai salah satu mobil SUV dari Land Rover yakni Range Rover Evoque, kali ini Camargus kembali akan membahas salah satu mobil lagi dari pabrikan Land Rover, yaitu Land Rover Defender.

Penasaran dengan spesifikasi mobil yang telah lama melalu lalang di dunia otomotif ini? Mari kita simak bersama-sama seperti apa Spesifikasi Land Rover Defender dan Harganya ini.


  Sumber: www.voiture-france.fr

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Land Rover adalah sebutan untuk salah satu produsen otomotif yang khusus memproduksi mobil asal Kerajaan Inggris dengan nama Jaguar Land Rover. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1948 dan telah menghasilkan berbagai macam produk-produk mobil yang tersebar di seluruh dunia.

Pada awal debutnya, nama Land Rover digunakan oleh Rover Company sebagai salah satu merek dagang mobil mereka yang diluncurkan pada tahun 1948. Kemudian nama tersebut dijadikan merk tersendiri yang digunakan untuk kendaraan roda 4 mereka. Land Rover telah menghasilkan beberapa model, seperti Land Rover Defender, Land Rover Freelander 2, Land Rover Discovery 4, Land Rover Range Rover Evoque serta Land Rover Range Rover Sport.

Land Rover Defender adalah mobil SUV Land Rover yang diperkenalkan dengan nama Land Rover One Ten pada tahun 1983 dan Land Rover Ninety pada tahun 1984. One Ten (110) dan Ninety (90) disini mewakili dari jarak sumbu roda masing-masing mobil ini dalam satuan inch, namun pada kenyataannya Ninety lebih mendekati 93 inch atau lebih tepatnya 92.9 inch. Pada bagian grille mobil ini juga terdapat lencana bertuliskan Land Rover 90 atau Land Land Rover 110 dengan model tulisan numerik pada 90 dan 110.


  Sumber: www.landrover.com

Pada tahun 1989, diluncurkanlah produk generasi ke tiga dari Land Rover yaitu Discovery. Guna manghindari kebingungan konsumen pada mobil Land Rover, maka pada Land Rover Ninety dan Land Rover One Ten dirubah namanya menjadi Defender 90 dan Defender 110. Pergantian nama ini dapat terlihat dari lencana depan yang diubah menjadi Defender dan Defender 90 serta Defender 110 pada lencana bagian belakang mobil ini.

Perubahan yang cukup besar pada Defender terjadi pada akhir tahun 1990, ketika mobil ini telah seutuhnya menjadi Land Rover Defender, bukan lagi Land Rover 90 atau Land Rover 110. Ini dikarenakan pada tahun 1989 Land Rover telah mengeluarkan model Discovery, sehingga Land Rover asli membutuhkan akusisi untuk nama mobil ini.


  Sumber: www.carpixel.net

Land Rover Discovery


  Sumber: motoring.li.csnstatic.com

Land Rover Defender Station Wagon

Dari segi desain eksterior dan interior mobil Land Rover Defender ini bisa dibilang tidaklah mengagumkan. Bahkan mobil ini terbilang mempunyai desain yang kaku pada bagian eksteriornya. Namun dibalik kekakuan mobil ini, Land Rover Defender memiliki bobot yang terbilang ringan untuk mobil SUV seukurannya, yaitu hanya 1771 kg. Hal ini diakui oleh pihak Land Rover berkat penggunaan material aluminium pada mobil ini yang membuatnya ringan dan akan lebih menguntungkan bila telah melewati medan basah dan berlumpur maupun hujan, penggunaan material ini diklaim mampu melindungi dari bahaya karat.

Seperti tidak mau kalah dengan bagian eksteriornya, pada bagian interior pun terlihat minim fungsi dan pada bagian kursinya pun terlihat sangat tegak yang dapat membuat pengemudi dan penumpang kurang nyaman. Land Rover Defender juga tidak dilengkapi dengan fitur hiburan elektronik seperti audio multimedia yang umumnya hadir disetiap mobil. Dijelaskan oleh pihak Land Rover, hal ini dikarenakan Land Rover Defender ini memang didesain untuk kegiatan Off Road yang membutuhkan kosentrasi pengendara yang lebih tinggi dibanding dengan mengendarai mobil di jalan halus. Namun sobat tidak perlu khawatir dengan hal ini, karena pemilik dapat menambahkan fitur multimedia pada mobil ini.


  Sumber: www.landrover.com.au

Ruang Kabin Defender 110 Station Wagon

Pada Land Rover Defender 90, mobil ini memiliki 4 model bodi. Diantaranya adalah, Station Wagon, Hard Top, Soft Top, dan Pick up. Sementara pada Land Rover Defender 110 memiliki 7 model bodi, yaitu Station Wagon, Utility Wagon, Hard Top, Chassis Cab, Pick Up, High Capacity Pick Up, dan Double Cab Pick Up. Dan pada Land Rofer 130 hanya dilengkapi dengan 3 model bodi diantaranya, Double Cab Pick Up, Chassis Cab, dan Double Chassis Cab.


  Sumber: cdnku01.autobild.co.id

Land Rover Defender memiliki mesin Diesel 4 silinder dengan kapasitas 2198 cc. Oleh Land Rover, mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 90 kW / 122 PS pada putaran 3500 RPM dengan torsi maksimalnya 360 Nm pada 2000 RPM. Karena bobotnya yang cukup ringan untuk mobil SUV seukurannya, Land Rover Defender dapat menempuh 0 – 100 Km/J dalam waktu 15.8 detik dan kecepatan maksimalnya adalah 145 Km/J.

Dengan dibekali 6 percepatan pada sektor transmisinya, Land Rover Defender menggunakan Full Time 4 Wheel Drive, yang artinya mobil ini menggunakan penggerak 4 roda secara penuh. Mobil ini juga dilengkapi dengan pengunci diferensial mekanis untuk membuat traksi mobil ini lebih stabil pada medan yang licin. Land Rover Defender juga dibekali dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 60 L.

Dengan spesifikasi mesin seperti ini, dapat dipastikan bahwa Land Rover Defender siap menerjang segala medan jalan. Mulai dari kolam berlumpur hingga jalan bebatuan sekalipun. Saat di jalan halus pun mobil ini mempunyai akselerasi yang bagus untuk mobil kelas Off Road seperti ini.

Beragam aksesoris pun dapat sobat dapatkan untuk mobil ini pada situs resminya. Mulai dari kelengkapan eksterior, seperti Fog Lamp, Head Lamp Pack, Rear lamp Pack, Head Lamp Protector, Lamp Guard, Work Light, Moulding Kit, hingga Xenon Bulb Upgrade. Kemudian untuk proteksi bagian eksterior, mobil ini dapat dilengkapi dengan Ribbed Aluminium Undershield, A Frame Protection Bar, Mud Flaps, hingga Wing Top Protection. Dan untuk membuat mobil ini lebih stylist, sobat misa menerapkan Side Protection Runners, Folding Rear Step, Folding Side Step, Rear Step Bumper, Raised Air Intake, serta beragam Decal Kit yang memang di desain untuk mobil ini.

Belum lagi dengan aksesoris eksterior penunjang lainnya seperti Carrying Roof Bar yang dilengkapi dengan boxnya yang mempermudah sobat membawa barang besar misalnya, sepeda maupun kano sekalipun. Pada bagian belakang sobat bisa tambahkan aksesoris lainnya seperti Towing System Multi Height, Combination Tow Ball/Jaw Unit untuk membawa tambahan barang di bagian belakang. Di bagian depan pun sobat bisa tambahkan dengan Electric Winch Bumper untuk mempermudah apabila sobat tersangkut ketika di jalur Off Road.

Pada bagian aksesoris interior, kenyamanan sobat dapat ditambahkan dengan Loadspace Rubber Mat, Rubber Floor Mats, Waterproof Seat Covers, Waterproof Head Restraint Covers, Rigid Loadspace Protector, setra Luggage Partition.

Off-Road 4x4 Accessories - The Land Rover Defender
http://www.landrover.com/vehicles/defender/options-and-accessories.html
Explore Land Rover Defender’s wide range of specialised accessories to add even more capability, individuality and style to this iconic 4x4.

Beragam aksesoris dapat dilihat melalui situs ini

Apabila sobat berminat dengan mobil SUV produksi Land Rover yang satu ini, di Indonesia sendiri harga baru mobil ini mencapai kisaran 1 milyar 175 juta.

Sedangkan untuk secondnya bisa didapatkan mulai dari Rp. 55 juta hingga Rp. 1 milyar 250 juta. Perbedaan harga ini berdasarkan tahun pembuatan, tipe bodi kondisi mesin dan kondisi mobil itu sendiri.

Nah sobat Camargus, itulah ulasan Spesifikasi Land Rover Defender dan Harganya yang kami sajikan untuk sobat semua. Baca juga artikel kami mengenai Mengenal Lebih Jauh Land Rover Range Rover Evoque untuk menambah referensi sobat-sobat semua.

Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan pengetahuan tambahan yang berguna bagi sobat sekalian. Penulis mohon dibukakan pintu maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan dalam artikel ini. Karena penulis hanyalah manusia tempatnya kesalahan, dan kesempurnaan hanya milik Tuhan semata. Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya, yang pasti masih bersama Camargus yang akan terus membedah dunia otomotif yang selalu mengalami perkembangan setiap saat.

Salam otomotif