19 December 2016

Menyimak Harga dan Spesifikasi Mobil Zenvo ST1

Tidak banyak orang yang mengenal Zenvo ST1. Padahal supercar ini mampu menyalip kekuatan hebat Lamborghini Aventador! Berikut harga dan Spesifikasi Zenvo ST1.

1653
5 (100%) 2 votes

Table contents

  • Sejarah Perkembangan Mobil Zenvo ST1
  • Eksterior Mobil Zenvo ST1
  • Spesifikasi Mesin Zenvo ST1
  • Bukti Performa Mesin Zenvo ST1
  • Interior Mobil Zenvo ST1
  • Harga Jual Mobil Zenvo ST1

Zenvo ST1 merupakan supercar eksklusif yang hanya diciptakan untuk para orang-orang kaya. Sensasi luxury Zenvo ST1 disajikan secara total baik dari segi interior, eksterior maupun kombinasi teknologi yang tertanam pada dapur pacu. Itulah mengapa mobil ini diklaim mampu mengalahkan mobil berpredikat 'tercepat di dunia, Bugatti Veyron, gara-gara semburan powernya yang luar biasa besar! Simak berapa mahal harga dan spesifikasi hebat Zenvo ST1 berikut ini.


  Sumber: cdn.hiconsumption.com

Zenvo ST1 merupakan supercar yang diperuntukkan untuk para pengusaha berduit tebal dan tidak terlalu menyayangkan uangnya untuk membeli mobil idaman. Salah satu alasannya adalah prestige dan level luxury tinggi yang terang saja akan meningkatkan strata hidup mereka. Anda yang mungkin penyuka mobil super cepat atau supercar, sudah banyak mengenal tentang Koenigsegg, Spyker atau Pagani. Ya, perusahaan-perusahaan tersebut sama eksklusifnya dengan Zenvo yang hanya memproduksi unit-unit terbatas saja dan bisa dipesan sesuai keinginan konsumennya.

Jaspen Jensen adalah orang dibalik kesuksesan Zenvo dalam menciptakan mobil bertatanan super mewah tersebut. Pria asal Denmark itu menciptakan Zenvo dengan status completely hand-built sehingga bisa dikatakan keseluruhan perampungan mobil dilakukan secara manual oleh para desainer dan teknisi.
Perusahaan ini memulai karir pertamanya pada tahun 2004 silam dengan menelurkan sebuah prototype dan sempat menyiarkannya ke publik. Tapi sayangnya, hingga dua tahun blue print tersebut beredar, Zenvo tidak kunjung merilis mobil idaman mereka tersebut.

Dua tahun kemudian, sebuah prototype akhirnya selesai dibangun dan bahkan sempat menjalani dyto test dan test jalan raya. Setelah selesai testing, mobil ini banyak mengalami revisi di sana-sini. Bahkan power mesin yang semestinya ditargetkan mampu menciptakan kelajuan 3 detik saja dalam akselerasi 0-100 km/h, ternyata malah meleset dan menorehkan waktu lebih lama yakni 3,2 detik.

Zenvo ST1 melakoni world premier di Le Mans tahun 2009. Saat itu, dia hadir bukan sebagai supercar yang siap melibas para mobil kencang lainnya, melainkan sebuah mobil mewah eksklusif yang ditawarkan hanya untuk mereka yang mampu membelinya. Salah satu ciri khas desain eksterior mobil ini yakni "50S" yang merupakan tema desain, dengan maksud bahwa mobil ini bisa dikemudikan di jalan secara legal melewati 50 negara bagian.

Jika saja supercar Zenvo ST1 ini mengikuti kontes kecantikan mobil, mungkin ia akan mendapatkan perhatian lebih dan bisa saja mendapatkan juara. Hal itu tentu ada pengaruh besar dari sisi front end yang cantik dengan aksen yang menonjolkan kesan sangar.

Karakter dasar Zenvo ST1 memang lebih kaya tekukan tajam, utamanya pada hood yang memiliki lekukan khas untuk menyusun karakter sinis headlights. Selain berperan sebagai perangkat penerangan, di lampu-lampu depan tersebut juga memiliki pengaruh besar sebagai jalan masuk dan keluar udara. Intake udara tersebut menjadi salah satu ciri khas Zenvo yang menonjolkan bentuk grille hexagonal. Hanya saja, pemakaian identitas tersebut dirasa banyak pengamat otomotif kurang begitu kuat mencerminkan sosok Zenvo yang sesungguhnya. Lihat saja BMW, Mercedes-Benz, Lamborghini atau Ferrari yang selalu konsisten lewat desain kekarnya.


  Sumber: i.ytimg.com

Secara garis besar, Zenvo ST1 memiliki dapur pacu 7 liter supercharged dengan kubikasi mesin V8. Model ini hampir serupa dengan si saudara yang disebut sebagai hypercar. Akan tetapi, masalah tenaga menjadi sebuah fakta yang tidak terbantahkan bahwa mobil ini memang memiliki power super besar yakni 1104 HP. Bandingkan saja dengan si banteng kekar, Lamborghini Aventador yang hanya 700 HP saja, sangat jelas jika Zenvo masih jauh diunggulkan.

Di atas kertas, mobil ini dituliskan mampu menempuh akselerasi dari 0-100 Km/jam dalam waktu 3 detik. Akan tetapi, berdasarkan dyno test dan test jalan raya, mobil ini malah mencatatkan waktu lebih lama mencapai 3,2 detik. Hal itu pun membuat ragu tentang klaim kecepatannya yang disebutkan sanggup melesat hingga 233 mph. Namun, berkaca dari jumlah tenaga kuda yang sangat melimpah tersebut, sangat mungkin jika Zenvo ST1 mampu melesat secepat itu.

Performa dahsyat Zenvo ST1 jelas tidak bisa dilepaskan dari penggunaan dapur pacu 7-liter superchaged V8 yang diklaim mampu menyemburkan power hingga 1.104 HP. Luar biasanya, klaim itu mampu melumpuhkan klaim daya kuda miliki Bugatti Veyron. Hanya dia dianggap lebih kecil ketika dibandingkan dengan SSC Ultimate Aero.

Di dalam mesin Zenvo sebenarnya terdapat DNA kepunyaan Corvette, tapi tim mekanik mobil ini berhasil membuktikan letupan kekuatan yang lebih besar dari model-model supercar Corvette lain yang pernah ada.

Sebagai penyempurna akselerasi Zenvo ST1 bahkan dilengkapi dengan sistem transmisi 6-percepatan manual. Namun, banyak para tester Zenvo yang merasa jika transmisi ini terasa biasa saja.

Tidak seperti mobil biasanya, Zenvo punya konfigurasi khusus untuk menyesuaikan kondisi cuaca, yakni wet, street dan track. Sejatinya, tiga mode tersebut memiliki memakai sistem power limiter yang memungkinkan mobil hanya akan mengeluarkan power tertentu ketika sedang melewati jalan yang dikehendaki.

Contohnya saja mode "wet". Sistem ini memungkinkan mesin untuk dibatasi hingga mencapai 750 HP saja. Sedangkan ketika sudah di jalan raya, mesin akan meningkatkan limit powernya di angka 1000 HP. Dan mode "track" merupakan settingan puncak yang memperbolehkan pengemudi untuk mengeluarkan seluruh power hingga maksimum.

Meskipun demikian, setiap mobil selalu memiliki speed limiter untuk melindungi mobil sekaligus pengemudi hingga tidak sampai mengalami failure. Maka dari itu, Zenvo ST1 hanya dibatasi untuk sanggup menempuh kecepatan puncak mencapai 233 mph.


  Sumber: wallpaper.imcphoto.net

Mobil super mahal tentu saja tidak akan lengkap tanpa fasilitas ekstra mewah yang disediakan dalam kabin. Ya, selain eksterior Zenvo ST1 turut menghadirkan sensasi super mewah di lini interior.

Selain memiliki karakter bodi kokoh, mobil ini turut mengusung nuansa racing yang merasuk ke dalam berbagai ornamen interiornya. Akan tetapi, banyak pengamat otomotif yang menyayangkan karena beberapa fitur mobil terkesan tidak terlalu berguna dan lebih baik ditiadakan saja, contohnya radio dan Automatic Seat Adjustment. Dengan menanggalkan peranti tersebut, tentu saja secara bobot mobil akan sedikit terkurangi meskipun tidak terlihat secara signifikan.

Ketika Anda menjajal masuk ke mobil ini, Anda akan langsung disambut oleh racing seats yang terkenal ringan dan supportive untuk memberikan kenyamanan driver-nya. Anda juga bisa mengutak-atik posisi tempat duduk dengan sangat mudah karena perangkatnya memang sangat mudah disesuaikan secara elektronik baik untuk kursi pengemudi maupun penumpang.

Head-up display mobil ini bahkan bisa memproyeksi ke windshield yang menyediakan fitur G-force meter. Ya, Anda tidak akan menemukannya di mobil-mobil tua. Mungkin fitur yang paling familiar adalah push-button start dan navigation system yang sudah banyak dipakai berbagai mobil-mobil baru.

Zenvo ST1 bukan hanya istimewa dari berbagai sisi mulai dari sektor interior, eksterior hingga mesin, tapi juga soal harga. Harga mobil Zenvo ST1 di Amerika dibanderol dengan kisaran $1.8 juta atau setara dengan Rp 24,1 miliar. Bombastis bukan?

Pada bulan Juli tahun 2011 lalu, Zenvo ST1 akhirnya berhasil memasuki pasar Amerika. Kabar buruknya, mobil ini hanya dijual sebanyak 3 unit saja. Dengan harga sekian mahal, para pembeli dipastikan mendapatkan bonus sebuah jam tangan mewah asal Swiss yang memiliki harga $49.000 atau sama dengan Rp 657 juta. Luar biasa kan? Jam tangannya saja bisa dipakai buat beli satu mobil All-New Mitsubishi Pajero Sport.

Sumber: About.com