19 December 2016

Tahu Harga Dan Spesifikasi Mobil untuk Slalom?

Pernah mendengar tentang event Slalom? Kamu sudah tahu belum harga dan spesifikasi mobil untuk Slalom ini? Cek ulasan lengkapnya di sini deh

2013
5 (100%) 2 votes

Table contents

Bagi pecinta olahraga mobil, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan slalom. Slalom merupakan jenis olahraga mobil yang mulai terkenal pada awal tahun 90-an. Berbeda dengan olahraga mobil lainnya yang lebih mengutamakan kecepatan saja, slalom lebih diinovasikan dengan adanya manuver ekstrim yang dipadukan dengan kecepatan tinggi.

Event Slalom di Indonesia


Di Indonesia sendiri, event slalom tes sudah cukup banyak diselenggarakan, mulai kejuaraan nasional slalom test yakni Djarum MLD city Slalom, hingga kejuaraan daerah. Begitupun dengan komunitas yang mewadahi para peslalom juga semakin banyak. Beberapa diantaranya ada BST (Bachol Slalom Team), SSC (Sulsel Slalom Community), jangkar miring, HRVRT, SBM, TTI, serta NFT.

Olah raga ini menarik banyak peminat karena cukup mudah dilakukan, modifikasi yang tidak terlalu banyak, serta mobil yang digunakan juga lebih beragam dan mudah, mulai dari mobil sedan, pick up, hingga SUV. Itu artinya, meskipun tidak memiliki mobil sport anda masih bisa mengikuti ajang lomba ini.

Bagi anda yang masih baru dalam dunia slalom tidak ada salahnya untuk mengumpulkan banyak informasi mengenai kegiatan ini. Terutama modifikasi yang sering dilakukan, teknik-teknik slalom, serta jenis mobil yang sering digunakan. Secara umum, biasanya para peserta hanya akan melakukan modifikasi pada penambahan unicip, porting and polish, menaikkan kompresi mesin, dan beberapa lainnya.

Hal terpenting lainnya yang harus diperhatikan adalah pergantian rem tangan secara berkala. Jika rem tangan yang anda gunakan sudah cakram, anda cukup menambahkan caliper cakramnya menjadi dua atau yang biasa disebut couple caliper. Sedangkan, jika mobil anda masih menggunakan trombol, anda bisa mengganti trombol dengan ukuran yang lebih besar, atau bisa dengan mengganti tuas rem tangan.

- Terlebih dahulu utamakan posisi mobil yang sesuai, baru tambahkan kecepatan. Jika posisi mobil tidak benar, maka mobil juga akan sulit mencapai kecepatan yang diinginkan. Setelah posisi dan kecepatan telah sesuai, anda bisa melakukan manuver yang diinginkan.
- Injak rem lebih awal, cepat, namun tidak terlalu kuat sebelum cone. Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang yang cukup pada mobil, sehingga membuat laju kendaraan anda lebih konsisten.
- Untuk mencapai kecepatan tinggi dengan leluasa, anda bisa atasi dengan melakukan belok lebih awal.
- Usahakan mengangkat gas pedal lebih awal daripada menginjak rem untuk mengurangi kecepatan.
- Tambahkan kecepatan pada belokan, jangan mengurangi.
- Lepaskan sedikit kendali roda, kemudian tambahkan tenaga. Jika mobil anda menggunakan semua kapasitas ban, kemungkinan anda tidak bisa lagi melakukan penambahan kecepatan.
- Terakhir, fokuskan penglihatan anda, sebab tangan akan mengikuti mata, dan mobil akan mengikuti tangan.

Tentunya teknik-teknik dasar diatas tidak bisa dilakukan begitu saja. Kesiapan dan kesigapan juga perlu dimiliki sehingga anda harus melakukan latihan sesering mungkin untuk bisa menguasai mobil serta melakukan manuver yang apik.

Seseorang yang menggunakan mobil pick up untuk slalom akan melakukan modifikasi pada bagian-bagian yang dianggap penting saja. Seperti tingkat ketinggian mobil atau ground clearance, penggunaan velg dan pemilihan ban yang sesuai. Selain itu , tidak cukup “ceper” saja, namun harus disesuaikan dengan handling mobil agar dapat melaju dengan sempurna.

Modifikasi Untuk Mobil Pick Up untuk Slalom


Bagian mobil pick up slalom biasanya akan menggunakan roda belakang lebih pendek dari pada depan. Ini bertujuan untuk memperkuat bagian bak belakang. Selain itu, juga dilengkapi dengan rollbar untuk tingkat keselamatan. Meskipun terkesan biasa, namun jika mobil pick up akan digunakan di ajang professional, maka tidak ada salahnya untuk memodifikasi mobil dengan konsep racing. Untuk bagian eksterior, biasanya akan dimodifikasi dengan penggunaan decal bertemakan street racing untuk memberikan kesan sporty.

Salah satu jenis mobil pick up yang sering digunakan untuk ajang slalom adalah Mitsubisi Colt L300. Mobil ini menggnakan mesin 4D56-4 silinder yang mencapai 2.477 c dan mampu menghasilkan torsi hingga 13.6 kgm pada putara mesin 2.500 rpm. Bahan bakar yang digunakan untuk mobil ini adalah diesel yang cukup irit. Untuk kenyamanan mobil ini dilengkapi juga dengan suspense double wishbone.

Harga Mobil Pick Up - Mitsubishi Colt L300


Mitsubisi Colt L300 memiliki 5 tipe yaitu sebagai berikut:
- Tipe L300 Minibus Deluxe seharga Rp 207.500.000,-
- L300 Minibus Standart seharga Rp 193.500.000,-
- L300 Pick up Standart seharga Rp 163.000.000,-
- L300 Pick up Flatbed seharga Rp 163.500.000,-
- L300 Pick up Bus Chasis seharga Rp 163.500.000,-

Selain Mitsubishi, slalom juga menggunakan jenis pick up dari merk lainnya.

Selanjutnya, mobil sedan juga dapat digunakan untuk slalom. Salah satu jenis mobil sedan yang sering digunakan untuk ajang slalom adalah Toyota yaris. Toyota yaris telah terbukti merupakan mobil bertenaga lincah yang sangat kompetitif di ajang slalom.

Mesin Mobil Toyota Yaris


Mobil ini memiliki mesin 1 – NZ FE VVT yang dipercaya mampu menghasilkan tenaga yang cukup untuk slalom. Dilengkapi dengan 4 silinder dengan 16 katub yang terbukti sangat irit dan bandel selama berkendara. Mesin berkapasitas 1500 cc mampu menghasilkan tenaga sebesar 109 tenaga kuda pada putaran mesin 600 rpm, transmisisi 5-speed manual.

Desain eksterior Toyota yaris dibangun dengan konsep sporty aerodinamis. Untuk ajang slalom pengguna Toyota yaris akan memodifikasi beberapa bagian mobil.

Harga Toyota Yaris


Toyota Yaris memiliki beberapa tipe, setiap tipe dibandrol dengan harga yang berbeda-beda.
- Toyota Yaris tipe E M/T seharga Rp 227.800.000,-
- Toyota Yaris tipe E A/T seharga Rp 238.600.000,-
- Toyota Yaris tipe G M/T seharga Rp 236.100.000,-
- Toyota Yaris tipe G A/T seharga Rp 246.100.000,-
- Toyota Yaris tipe TRD S M/T seharga Rp 258.000.000,-
- dan yang paling mahal Toyota Yaris tipe TRD S A/T seharga Rp 258.800.000,-

Harga Daihatsu Sirion


Selain Toyota yaris, Daihatsu Sirion juga sering digunakan dalam ajang slalom. Mobil ini menggunakan mesin 1.5 L 3SZoVE 14 berkapasitas 1300 cc. Memiliki 4 silinder dengan 4 katub yang dapat bertenaga maksimal 80 ps/6000 rpm. Dilengkapi juga dengan teknologi full injection.

Harga yang ditawarkan untuk Daihatsu Sirion berbeda-beda pada setiap tipe.
- Daihatsu Sirion 1.3 D FMC MT seharga Rp 158.800.000,-
- Daihatsu Sirion 1.3 D FMC AT seharga Rp 170.800.000,-
- Daihatsu Sirion 1.3 Sport MT seharga Rp 168.300.000,-
- dan yang paling mahal ada Daihatsu Sirion 1.3 Sport AT seharga Rp 179.300.000,- .

Selain dua tipe di atas, masih banyak mobil tipe sedan yang digunakan di ajang slalom.

Jenis mobil hatchback juga sering digunakan untuk slalom. Salah satu jenis mobil hatchback yang sering digunakan adalah Tata Vista, mobil keluaran PT Tata Motor DIstribusi Indonesia yang berasal dari India. Mobil ini terbukti mampu bermanuver dengan sangat baik, fun to drive dan memiliki performa yang dapat diandalkan dalam berbagai kompetisi slalom.

Keberhasilan tata vista dibuktikan dengan keluarnya 3 pembalap yang menggunakan tata vista sebagai pemenang berturut-turut juara 1, 2, dan 3 dalam ajang slalom beberapa waktu lalu.

Tata Vista dilengkapi dengan mesin Safire 1.368 cc DOHC 4 silinder dan mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 90 Ps pada 600 rpm, dengan torsi maksimum 116 Nm pada 4.750 Nm. Secara eksterior tata vista memiliki dimensi panjang 3.850 mm, lebar 2.695 mm, dan tinggi 1.550 mm. Meskipun memiliki cc besar, namun ternyata mobil ini dijual dengan harga yang sangat murah, yakni hanya Rp 136 juta saja.

Terakhir ada jenis mobil SUV. Salah satu jenis mobil SUV yang terkenal dan sering digunakan di ajang slalom adalah Toyota Land Cruiser. Mobil Toyota satu ini disebut sebagai mobil paling tangguh disegala medan, baik medan yang biasa hingga medan ekstrim sekalipun dengan sangat mudah. Mobil ini sudah diproduksi mulai tahun 1951. Hingga kini land cruiser telah masuk generasi ketiga yakni 200 series, serta generasi keempat yakni 150 series.

Land Cruiser juga dikenal sebagai mobil tagguh karena dilengkapi dengan mesin berkonfigurasi V8. Secara umum mobil ini mampu menampung 8 penumpang. Mesin yang digunakan tipe 1 VD-FTV dieselintercooler berkonfigurasi V8 berkapasitas 4.5 liter, dengan 32 katub DOHC menghasilkan tenaga maksimum 335 Ps pada putaran mesin 3.200 RPM dengan torsi maksimum 62.8 RPM.

Selain itu fitur-fitur dan tampilan baik interior maupun ekterior yang sangat canggih. Maka tak heran harga yang ditawarkan untuk semua tipe cukup fantastis. Toyota Land Cruiser 200 standar spec A/T Diesel dibandrol dengan harga Rp 1,8 miliar, dan untuk Toyota Land Cruiser 200 full spec A/T Diesel dibandrol dengan harga Rp 2,2 miliar.

Itu tadi beberapa jenis mobil yang sering digunakan dalam ajang slalom. Selain mobil-mobil tersebut masih banyak jenis mobil lainnya yang dapat digunakan. Bagi anda yang tertarik mengikuti ajang slalom tidak ada salahnya mencoba dengan menggunakan mobi apapun. Semoga informasi ini dapat selalu bermanfaat.