19 December 2016

Harga Dan Spesifikasi Mobil Kijang Kapsul

Toyota Kijang memang sudah beredar sejak tahun 70-an melalui sebuah peluncuran perdananya yaitu Kijang Buaya, kemudian Kijang Doyok serta Kijang Super.

7053
5 (100%) 1 votes

Table contents

  • Eksterior Kijang Kapsul
  • Interior Kijang Kapsul
  • Mesin Kijang Kapsul
  • Kelebihan Kijang Kapsul
  • Kekurangan Kijang Kapsul
  • Daftar Harga Kijang Kapsul

Toyota Kijang memang sudah beredar sejak tahun 70-an melalui sebuah peluncuran perdananya yaitu Kijang Buaya, kemudian Kijang Doyok serta Kijang Super. Sedangkan untuk Kijang Kapsul sendiri diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1997 dengan 2 jenis bodi, yakni pick-up dan MPV. Untuk layout bodi MPV, terbagi menjadi 2 jenis whellbase. Wheelbase ini mempunyai beberapa varian. Pada whellbase pendek terdapat ditipe SX, SGX, SSX, serta Rangga. Untuk wheelbase panjangnya terdapat ditipe LSX, LX, LGX dan Krista. Apabila dilihat secara sekilas, wheelbase panjang ini nampak lebih bagus daripada wheelbase pendeknya. Hal tersebut disebabkan panjang wheelbasenya dipotong pada baris ketiga. Berbeda pula dengan Mitsubishi Kuda yang nampak lebih proporsional untuk kedua jenis wheelbase, sebab dimensi yang dipotong terdapat dibarisan kedua. Penjualan Kijang Kapsul ini terus saja dilakukan sampai awal tahun 2004, sebelum Toyota Kijang Innova diperkenalkan sebagai generasi kelima pada pertengahan tahun 2004.


  Sumber: learntoridemotorcycle.com

Sebagai salah satu pemain untuk sebuah mobil keluarga dikelas menengah, Kijang Kapsul ini memang dituntut menjadi mobil yang serba bisa. Yaitu mobil yang dapat memenuhi semua permintaan konsumen Indonesia dalam hal mengangkut penumpang dan barang untuk skala yang besar. Toyota memang telah sukses mendesain mobil Kijang Kapsul ini. Terbukti dengan dimensi mobil yang ditingkatkan demi sebuah mobilitas. Desain tersebut nampak lumayan bagus serta bisa bertahan sampai sekarang.

Untuk keluaran pertamanya, Kijang Kapsul bisa dikenali dengan sangat mudah lewat wajah bagian depannya. Mobil ini memakai headlamp buram bermodel tipis, dengan lampu seinnya berwarna orange. Ciri khas Kijang Kapsul ini ada pada lampu kabut di samping grillnya.

Pada setiap produksinya terdapat sebuah model tambahan untuk masing-masing wheelbasenya. Pada wheelbase pendeknya, disematkan untuk Kijang Rangga serta wheelbase panjang pada Kijang Krista. Sebagai salah satu varian teratas, kedua mobil tersebut bisa dikenali dengan sangat mudah, sebab terdapat corak strip sporty dengan tambahan skema twotone untuk bodi bagian bawahnya.


  Sumber: 4.bp.blogspot.com

Kijang Kapsul ini memang terkenal dengan kabinnya yang luas. Kriteria tersebut telah menjadi nilai tambah, sehingga menjadikan mobil ini sebagai salah satu primadona di Indonesia. Pada bagian legroom serta headroomnya bahkan lebih baik daripada Innova. Letak kursinya menghadap ke arah depan sampai baris ketiganya, kecuali pada semua tipe dari Kijang dengan wheelbase yang pendek. Untuk bagian dashboard memang nampak cukup modern, tapi sangat disayangkan karena di dalam mobil ini terdapat ruang antara bagian bawah dashboardnya untuk transmisi manual. Kemudian tombol konsol yang terdapat dibagian tengahnya, sangat mudah digapai oleh si pengemudi.

Perbedaan yang nampak untuk setiap tahun keluarannya, bisa dikenali dengan sangat mudah melalui doortrimnya. Untuk keluaran pertama, doortrimnya nampak sangat sederhana sebab desainnya masih lurus. Lalu kabin baris keduanya terdapat tombol power window yang berupa saklar berukuran kecil. Model seperti ini masih dipertahankan oleh Toyota pada facelift pertamanya. Perbaikan mulai dilakukan pada facelift terakhir, yaitu model doortrimnya nampak lebih mewah, hampir secara keseluruhan Great Corolla ini dianggap sebagai sedan veterannya Toyota.


  Sumber: 4.bp.blogspot.com

Keuntungan lainnya dari mobil ini yaitu pilihan mesin yang banyak dan telah disediakan, seperti sebuah mesin diesel dan 3 mesin bensin. Untuk mesin bensinnya, Kijang hanya mengusung mesin bertipe 7K 1800 cc, berkarburator 1.8 liter, kemudian diganti dengan sebuah mesin bensin berinjeksi Electric Fuel Injection (EFI) 7K-E, namun kapasitasnya masih sama. Tenaganya sebesar 94 HP untuk putaran mesin ke 5.000 RPM serta torsinya 155 Nm untuk putaran mesin ke 3.300 RPM.

Lalu ada juga mesin bensin berinjeksi 2.0 liter, 2.000cc. Mesin bertipe 1RZ-E ini baru saja ditambahkan untuk versi facelift pertamanya. Tenaga maksimumnya sebesar 105 HP pada putaran mesin 4.800 RPM serta torsinya sebesar 160Nm pada putaran mesin 2.800 RPM. Selain daripada itu, Toyota juga turut memakai mesin diesel. Mesin bertipe 2L berkapasitas 2.4 liter dan 2.400 cc ini tenaga maksimalnya mencapai 86 HP dengan torsinya sekitar 165 Nm.


  Sumber: otomotiftren.com

- Mesin dieselnya hemat.
- Adanya suku cadang yang terjamin serta harganya cukup murah.
- Perawatannya sangat mudah.
- Visibilitas yang sangat baik.
- Ground clearancenya yang tinggi.
- Kabin luas.
- Torsi maksimum bisa dirasakan pada putaran terrendah sampai menengah.
- Modelnya awet sampai sekarang.
- Kaki-kaki dan mesin yang tangguh.
- Cukup nyaman.
- Harga masih bertahan sampai sekarang.


  Sumber: www.otopacu.com

- Mesin bensinnya terlalu boros.
- Mesin 1.8 liter underpower sekali.
- Eksterior bagian belakang untuk tipe SX, SX, SGX serta Rangga kurang proporsional.
- Topspeednya sangat rendah, pada kecepatan 120 km perjam mesin meraung-raung.
- Material untuk interiornya murahan.
- Minim untuk fitur multimedia.
- Fitur keselamatan atau keamanannya hanya sebatas sabuk pengaman.


  Sumber: 2.bp.blogspot.com

- Tipe SX : 60 sampai 70 juta.
- Tipe SSX : 75 sampai 80 juta.
- Tipe SGX : 80 sampai 85 juta.
- Tipe Rangga : 55 sampai 70 juta.
- Tipe LX : 55 sampai 70 juta.
- Tipe LSX : 65 sampai 80 juta.
- Tipe LGX : 70 sampai 115 juta.
- Tipe Krista : 80 sampai 110 juta.


Sumber : Topgir.com