19 December 2016

Datsun redi-GO, Mobil Baru Murah di Bawah 70 Juta

Walaupun desainnya terlihat begitu sederhana, tapi Datsun redi-GO tetap memancarkan aura sporty dengan beberapa lekukan tegas di beberapa bagian tubuhnya

1560
5 (100%) 2 votes

Table contents

  • Desain Eksterior Elegan Dari Datsun GO
  • Interior yang Futuristik
  • Dimensi Desain yang Ramping dan Sporty
  • Mesin DOHC 12-Katup
  • Fitur Aman dan Nyaman
  • Harga Datsun redi-GO

Datsun yang merupakan perusahaan di bawah Nissan telah ikut dalam program mobil murah ramah lingkungan atau lebih dikenal dengan Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia. Ada 2 varian yang ditawarkan di Indonesia, yakni Datsun GO dan Datsun GO+. Selain itu, Datsun juga memiliki varian lainnya yang juga menggunakan embel-embel “GO” di belakangnya yakni Datsun redi-GO. Namun model yang satu ini baru dirilis di India beberapa waktu lalu.

Datsun redi-GO sendiri hadir serba minimalis. Kendati demikian, Datsun sangat pandai mengemas mobil ekonomis tersebut menjadi mobil yang lebih menawan dan enak dipandang mata. Selain itu, Datsun redi-GO juga telah dibekali dengan spesifikasi dan beragam fitur yang menarik. Nah, kalau melihat dari geliat varian “GO” yang lainnya, maka bukan tidak mungkin kalau sewaktu-waktu nanti Datsun redi-GO bisa memimpin pasar selanjutnya.

Walaupun desainnya terlihat begitu sederhana, tapi Datsun redi-GO tetap memancarkan aura sporty dengan beberapa lekukan tegas di beberapa bagian tubuhnya. Selain itu, ruang kabinnya juga cukup luas dan muat diisi oleh 4 orang penumpang dan 1 pengemudi di dalamnya. Tak ketinggalan beragam fitur menarik tersemat di dalamnya, seperti AC dan Power Windows yang semakin menampilkan kesan meriah dan modern.

Nah, berikut spesifikasi serta harga Datsun redi-GO yang sudah beredar di India seperti yang Camargus lansir dari semisena.com.

Datsun redi-GO hadir dengan tampilan yang cukup simpel. Kendati demikian, mobil dengan gaya crossover ini juga tetap memancarkan aura elegan dan enak dipandang mata. Hal ini dilihat dari bagian depannya. Dimana Datsun redi-GO sudah dilengkapi dengan front grille yang telah didesain dengan bentuk hexagonal yang dipadukan dengan aksen krom di setiap sisinya. Selain itu, headlamp Datsun redi-GO yang desain tampak meruncing juga terlihat lebih futuristik dan modern. Hal ini tak lepas dari penggunaan Daytime Running Lamps.

Kemudian kesan modern sangat terlihat jelas dari samping berkat lekukan bodi yang lembut dari sisi depan dan belakang. Melihat bagian belakang, kamu akan melihat bumper yang telah didesain lebih futuristik dan cukup rendah, sehingga terpancar aura elegan dan menawan. Datsun redi-GO juga memakai lampu vertikal dan lampu rem berkontur. Desain eksterior Datsun redi-GO tetap mengusung kesan futuristik namun tetap menampilkan kesan yang lebih elegan.

Kabarnya Datsun redi-GO akan dipasarkan dalam beberapa varian yang berbeda. Dimana untuk varian terendahnya masih akan tetap dilengkapi dengan AC dan Power Windows. Ruang kabin mobil ini sanggup menampung 5 orang (4 orang penumpang dan 1 pengemudi) di dalamnya, karena memang dimensinya yang tak cukup luas. Untuk dashboardnya mengusung desain Horizontal Sweeping Lines dengan letak yang cukup simetris. Sehingga cukup leluasa saat ingin mengakses beragam fitur yang tersedia pada dashboard tersebut.

Alat kemudi mobil ini berada di depan speedometer bergaya digital. Sementara tachometer dengan aksesn perak juga terlihat sangat jelas. Sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman. Pengemudi dan penumpang juga akan dimanjakan dengan kehadiran jok bergaya sport yang lebih atraktif. Tak ketinggalan juga ketersediaan media hiburan di dalamnya berupa Radio FM dengan dukungan pemutar musik MP3.

Masih di dalam ruang kabin, Datsun redi-GO juga sudah dilengkapi dengan Mobile Docking System. Fungsi dari fitur ini digunakan untuk menaruh HP pengendara secara aman dan nyaman. Mobil ini juga memiliki lingkar kemudi dengan 3 spoke serta tuas transmisi tinggi sehingga sangat nyaman dikendarai. And the last, joknya berbalut kulir dengan warna coklat atau senada dengan warnaya pada dashboard mobil ini.

Datsun redi-GO hadir dengan desain yang sangat ramping. Sehingga tampak jelas kesan sporty terpancar dari mobil ini. Panjang mobil ini 3.429 mm, lebar 1.560 mm, dan tinggi 1.541 mm dengan jarak sumbu roda mencapai 2.348 mm. Mobil ini juga sudah dirancang dengan teknologi rangka RCPS (Reinforced Crash Protection Shell). Jadi, walaupun struktur bodinya mungil, tapi tetap tangguh dan mampu mencegah resiko dampak kecelaan yang memang tidak bisa untuk dihindari lagi.

Datsun redi-GO bisa dimasuki 5 penumpang di dalamnya, termasuk pengemudinya. Mobil ini sangat lincah dengan ground clearance mencapai 185 mm. Dengan begitu, mobil ini akan lebih mudah dikendarai di medan jalan yang berlubang dan berbatu.

Sementara untuk bagian kaki-kakinya, Datsun redi-GO disokong sistem suspensi yang berteknologi superior, yukni Double Pivot Arm pada bagian depan dan H-Type Torsion Beam pada bagian belakang. Suspensi tersebut telah dirancang untuk menyesuaikan dengan berbagai kondisi jalan, sehingga lebih nyaman untuk dikendarai. Tak ketinggalan juga fitur pengereman PAB (Performance Augmented Brakes) yang sangat pakem. Sehingga membuat pengemudinya merasa aman dan nyaman.

Masuk ke sektor dapur pacu, Datsun redi-GO dipersenjatai dengan mesin DOHC 12-katup 3 silinder dengan kapasitas 0.8 liter. Dimana mesin tersebut disandingkan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan. Dengan mesin yang mengusung teknologi i-SAT (Intelligent Spark Automated Technology) itu, tenaga yang dihasilkan pada mobil ini bisa mencapai 54 HP dengan torsi 74 Nm. Selain itu, dengan teknologi i-SAT juga akan membuat mobil ini irit bahan bakar dengan jarak tempuh 25,17 km per liter.

Dengan kekuatan mesin tersebut, Datsun redi-GO bisa dikendarai dengan tenaga yang cukup mumpuni. Perlu diketahui kalau Datsun redi-GO merupakan model kedua yang telah mengadopsi platform CMF-A dan mengikuti strategi dari Renault Kwid.

Bicara masalah fitur kenyamanan, Datsun redi-GO telah dilengkapi dengan media hiburan seperti audio system yang sudah lengkap dengan slot USB, AUX, Radio (AM/FM), CD, dan MP3. Semua fitur tersebut telah tergabung dalam satu audio system. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur canggih bernama Mobile Docking System. Dimana pengemudi lebih mudah mengakses HP miliknya tanpa mengganggu fokus berkendaranya.

Sementara untuk fitur keselamatannya sendiri, Datsun redi-GO dilengkapi dengan airbag dan bodi struktur yang berteknologi RCPS. Dengan teknologi tersebut bisa mengurangi dampak kecelakaan dan memberikan keselamatan pada pengemudinya.

Walaupun masuk dalam program mobil murah, tapi model Datsun redi-GO ini memiliki desain yang tidak murahan. Selain irit bahan bakar, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur, termasuk fitur keamanan dan fitur keselamatan. Tak ketinggalan juga fitur media hiburan yang akan menghibur pengemudi dan penumpangnya di sepanjang perjalanan ketika berada di dalam mobil.

Dengan segala fitur dan fasilitas yang ditawarkan pada Datsun redi-GO, berapakah harganya?

Yap, Datsun redi-GO baru hadir di India. Soal harga, mobil ini dibanderol dengan harga sekitar INR 2,4 lakh sampai dengan INR 3,5 lakh atau kalau dikonversikan ke dalam rupiah bisa mencapai sekitar 47 sampai 66 jutaan rupiah. Itu artinya, harga mobil Datsun redi-GO masih berada di bawah 70 jutaan.

Harga tersebut hanya berlaku di India saja. Mungkin akan berubah jika mobil ini secara resmi masuk Indonesia. Namun sayangnya, sampai saat ini belum ada kabar dari pihak Datsun terkait dengan keberadaan Datsun redi-GO untuk beredar di jalanan Indonesia. Tapi kalau seandainya Datsun redi-GO resmi masuk Indonesia, maka mobil ini harus siap diadu dengan mobil murah lainnya yang telah lebih dulu masuk Indonesia. Jadi, kita tunggu saja kabar baiknya. Apa Datsun redi-GO masuk Indonesia atau tidak.

Sumber: semisena.com