19 December 2016

Beberapa Jenis Mobil Crane Dan Fungsinya

Crane merupakan alat berat yang mempunyai kemampuan sangat besar untuk mengangkat benda atau material berat. Cara kerja alat ini yaitu dengan memindahkan atau menurunkan bahan ke suatu tempat.

9121
5 (100%) 1 votes

Table contents

  • Tower Crane
  • Bagian Utama Penyusun Tower Crane
  • Crane Crawler
  • Bagian Utama Penyusun Crane Crawler
  • Kelebihan Crane Crawler
  • Kekurangan Crane Crawler
  • Truck Crane
  • Bagian Utama Penyusun Truck Crane
  • Kelebihan Truck Crane
  • Kekurangan Truck Crane

Dalam sebuah pekerjaan proyek pelabuhan, konstruksi, industri serta lainnya yang memang dalam proses pekerjaannya tersebut selalu mengangkut beban berat. Dan sudah pasti harus menggunakan alat untuk memudahkan proses pekerjaan yang anda lakukan itu. Untuk bisa mempermudah distribusi ataupun perpindahan benda-benda berat secara umum, maka harus memakai alat berat yang bernama Crane.

Crane merupakan alat berat yang mempunyai kemampuan sangat besar untuk mengangkat benda atau material berat. Cara kerja alat ini yaitu dengan memindahkan atau menurunkan bahan ke tempat yang diinginkan. Kelebihan mobil Crane ini ialah mempunyai jangkauan yang sangat jauh dan bisa berputar hingga 360 derajat. Untuk tau lebih jelasnya tentang mobil Crane, maka silahkan simak ulasan lengkapnya yang telah Camargus ringkas di bawah ini.


  Sumber: imgusr.tradekey.com

Tower Crane merupakan sebuah alat berat yang umumnya dipakai dalam proyek bangunan bertingkat, antara lain pembangunan apartemen, hotel, mall, serta bangunan tinggi lain. Berfungsi sebagai pengangkat benda atau material yang biasanya tidak dapat diangkat oleh tangan manusia, secara vertikal maupun horizontal ke tempat tinggi dengan ruang gerak yang terbatas. Cara kerja dari alat ini adalah keseimbangan beban, kekuatan dari mesin, momen serta tegangan tarik kabel sekaligus sifatnya yang bisa berputar hingga 360 derajat.


  Sumber: www.leavittcranes.com

- Jibnya berlengan panjang yang bisa berputar hingga 360 derajat secara horizontal.
- Ruang operator merupakan ruang pengendalian atau kontrol.
- Tiang menara berfungsi sebagai sebuah tiang crane, dan di bagian tengahnya terdapat tangga yang merupakan tempat naiknya operator menuju ke tempat kendali.
- Pemberat berfungsi sebagai penyeimbang ketika mengangkat beban.
- Pondasi berfungsi sebagai penyangga dan bantalan tiang supaya bisa berdiri dan tidak roboh.


  Sumber: 3.imimg.com

Crane Crawler merupakan mobil berjenis crane yang memang banyak sekali dipakai untuk membantu proses pengangkatan beban bermaterial berat. Crane Crawer ini terdiri dari 1 set track yang menempel pada link untuk melakukan pergerakkan ataupun perpindahan dengan cara merayap.


  Sumber: img.directindustry.com

- Crawler berfungsi untuk bisa memindahkan crane pada area pekerjaan yang diinginkan.
- Super structurenya berfungsi sebagai ruang kontrol operator, tempat crane berputar, serta tempat peralatan lain.
- Counterweight adalah beban yang dipakai untuk menyeimbangkan antara berat crane maupun bebannya untuk bisa memberikan kestabilitas ketika melakukan pengangkatan.
- Additional counterweight adalah bobot tambahan untuk bisa menyeimbangkan beban dan berat crane.
- Jib adalah perpanjangan tambahan yang memang melekat pada titik boomnya ketika mengangkat sebuah beban.
- Mast adalah tempat untuk menopang kawat atau tali penyeimbang mobil crane, kerekan, serta pulley.
- Pulley merupakan bagian yang berfungsi untuk memutar pengait, sehingga bisa dinaikkan ataupun diturunkan.


  Sumber: www.manitowoccranes.com

- Kapasitas pengangkatannya jauh lebih besar dibandingkan dengan crane beroda ban.
- Tangguh dan stabil ketika melakukan suatu pengangkatan.
- Bisa mengangkat beban sambil melakukan sebuah pergerakan, sebab tidak menggunakan outrigger.


  Sumber: www.al-fayhagroup.net

- Mesinnya berbobot sangat berat.
- Crawlernya dapat dibilang sangat lambat dalam pergerakan.
- Ketika melakukan suatu perpindahan, diperlukan suatu biaya ekstra sekaligus memerlukan peralatan lain.
- Pembongkarannya memakan waktu cukup lama.


  Sumber: image.made-in-china.com

Truck Crane merupakan sebuah mobil berjenis crane yang bisa berpindah tempat tanpa adanya bantuan alat angkut lain. Sebab crane ini langsung terpasang pada mobil atau truck. Alat tersebut mempunyai kaki yang bertujuan sebagai tiang ataupun pondasi untuk menjaga keseimbangan ketika proses pengangkatan beban berlangsung. Pada saat pengoperasiannya, kaki tersebut harus terpasang serta rodanya juga harus terangkat dari permukaan tanah supaya keselamatannya bisa terjaga. Sama seperti jenis mobil crane lainnya, Truck Crane ini pun bisa berputar 360 derajat.


  Sumber: truck-cranes.yolasite.com

- Kabin operator dari truck crane tersebut adalah sebuah ruangan untuk si pengemudi truck crane untuk bisa mengemudikannya ketika ingin pindah ke lokasi lain.
- Kabin operator crane itu juga merupakan sebuah ruangan untuk mengontrol atau mengendalikan crane. Umumnya ada di bagian belakang truck crane tersebut, yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan antara bobot truck dengan bobot crane ketika mengangkat beban berat, sehingga bisa meminimalisir resiko kecelakaan dan keselamatan kerja.
- Lengan cranenya adalah lengan untuk mengangkat beban berjenis teleskopik, yang bisa dipanjang atau dipendekkan sesuai dengan kebutuhan anda.
- Kait crane berfungsi untuk menggantung sebuah beban. Yang terbuat dari bahan baja berbentuk mata kail dan dibertujuan untuk pengangkatan ataupun penggantungan beban berat. Kaitnya berjumlah 2 buah, berukuran sangat besar dan bisa mengangkat beban seberat 3 sampai 25 ton, serta kait yang berukuran kecil untuk mengangkat beban di bawah 3 ton.
- Motor penggerak berfungsi untuk menggerakkan truck serta juga menggerakkan cranenya.
- Untuk jenis talinya memang berbahan dasar baja atau stell wire core, sebab jenis ini mempunyai kelebihan tersendiri, yaitu tahan terhadap aus, ringan, jarang sekali terbelit, penyambungannya jauh lebih cepat, serta mudah untuk ditekuk.


  Sumber: www.asia.ru

- Mobilitasnya lumayan tinggi, truck crane bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan sangat cepat serta bisa menjangkau jarak yang lumayan jauh.
- Sangat efektif, sebab memakai lengan atau boom sejenis teleskopik sehingga mudah diatur panjang dan pendeknya, sesuai dengan kebutuhan anda.
- Bisa menjangkau tempat-tempat yang relatif sempit.


  Sumber: truck-cranes.yolasite.com

- Keseimbangan alatnya kurang stabil apabila dibandingkan dengan jenis crane lainnya.
- Membutuhkan sebuah lokasi tanpa adanya guncangan.
- Memerlukan lokasi dengan permukaan yang datar.
- Memerlukan lokasi untuk cuaca yang bagus.


Sumber : Alatberat.com