18 July 2016

Dinamo Mobil Anda Bermasalah? 4 Hal Wajib Dlakukan

Dinamo mobil anda sering bermasalah? Bingung penyebabnya apa?Pengen tahu cara mengatasinya? Berikut 4 hal yang wajib anda lakukan untuk menghindari dinamo mobil anda dari berbagai masalah.............

116050
3.06 (61.2%) 17 votes

Table contents

  • Dinamo Mobil
  • Dinamo Ampere Mobil
  • Dinamo Starter Mobil
  • Ciri-Ciri Alternator Mobil yang Rusak
  • Penyebab Dinamo Starter Rusak
  • Hal-Hal yang Dilakukan Untuk Menghindari Dinamo Dari Masalah
  • Harga Dinamo Mobil

Dinamo merupakan bagian terpenting dari mobil. Dinamo bisa juga dikatakan sebagai mesin listrik yang terdapat pada mobil dan berfungsi mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Dinamo memiliki beberapa komponen, seperti dinamo ampere dan dinamo strater. Komponen-komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing dalam sistem kerja mesin mobil. Namun demikian, komponen tersebut tidak lepas dari berbagai masalah yang mempengaruhi kinerja mesin mobil.


  Sumber: www.camargus.com

Dinamo ampere merupakan salah satu bagian dinamo yang terkadang mengalami kerusakan akibat usia dan aus, apalagi bila carbon brush telah habis. Pada umumnya, crush brush habis ketika telah menempuh jarak 180 ribu kilometer. Ada beberapa bagian dari dinamo ampere yang dapat diperbaiki dan ada pula yang tidak dapat diperbaiki. Misalnya saja laher bunyi, crush brush, rotor slip ring, dan dioda rectifier merupakan bagian yang dapat diperbaiki, sedangkan IC regulator merupakan bagian yang tidak dapat diperbaiki sehingga yang dapat dilakukan adalah mengganti bagian tersebut dengan yang baru atau alternatif terakhir adalah mengganti dinamo ampere dengan yang baru serta memiliki spesifikadi dan ukuran yang sama.


  Sumber: www.camargus.com

Dinamo starter merupakan mesin penggerak utama yang berfungsi menyalakan mobil karena memiliki kemampuan mendorong mesin sehingga mampu mengalirkan daya listrik ke bagian mesin lainnya. Namun demikian, dinamo starter dapat mengalami kerusakan pada bagian gear sehingga mobil tidak bisa menyala. Oleh sebab itu, penting untuk dapat memahami cara merawat dinamo starter dengan baik. Dinamo starter memiliki ebebrapa komponen penting, diantaranya adalah:
1. Carbon brush
Carbon brush berfungsi untuk meneruskan arus listrik dari field coil menuju armature coil, lalu diteruskan ke massa melalui komutator.
2. Polo core
Polo core berfungsi sebagai penopang field coil dan penguat medan magnet yang disebabkan oleh field coil.
3. Yoke
Yoke memiliki peran sebagai tempat dari pole core.
4. Armature brakle
Armature brakle berfungsi melakukan pengereman putaran dari armature.
5. Armature dan shaft
Armature dan shaft berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik dengan bentuk gerak putar
6. Starter clutch
Starter clutch berperan untuk memindahkan momen puntir dari armature shaft ke roda penerus sehingga dapat berputar.
7. Drive atau Sift lever
Drive atau sift lever merupakan komponen lainnya yang berfungsi mendorong “pinion gear” ke posisi ring gear.
8. Solenoid/Magnetic switch
Solenoid atau magnetic switch memiliki fungsi menghubungkan atau melepaskan pinion gear serta menghubungkan arus listrik dari aki ke field coil. ground, dan armature.
9. Pinion gear
Pinion gear berperan dalam meneruskan daya putar starter ke mesin dengan memutar ring gear


  Sumber: www.camargus.com

Ada beberapa ciri alternator yang sudah mengalami gangguan atau rusak, yaitu:
1. Ketika mesin hidup, lampu indikator aki menyala. Hal ini menandakan bahwa alternator tidak membangkitkan listrik.
2. Timbulnya bunyi yang keras dari alternator yang kemungkinan disebabkan oleh rusaknya bearing alternator dan putusnya dioda rectifier alternator.
3. Tidak kuatnya aki ketika melakukan starter atau aki tekor, kemungkinan disebabkan adanya tegangan pengisian alternator yang kurang.


  Sumber: www.camargus.com

Selain dinamo amper, yang terkadang bermasalah juga ada;ah dinamo starter. Penyebab dinamo starter rusak, diantaranya adalah:
1. Aki soak karena kurangnya aliran listrik ke aki sehingga ketika mobil di starter akan terdengar bunyi tek tek.
2. Solenoid starter rusak, biasanya rusak pada gulungan atau pada swtichnya.
Pada switch terdapat dua gulungan, yaitu pull in coil dan hold in coil. Apabila gulungan pull in coil rusak, maka pinion tidak dapat bergerak maju, sedangkan apabila terjadi kerusakan pada gulungan hold in coil, maka daya magnet untuk menahan pinion ketika terhubung dengan flywheel akan berkurang sehingga sebelum roda terputar, gear pinion stater kembali mundur.
3. Carbon brush habis
Jika carbon brush habis, maka tidak bisa menghubungkan pull in coil dengan ground sehingga pull in coil tidak bisa bekerja optimal untuk mendorong pinion gear.
4. Gulungan di dalam starter terbakar


  Sumber: www.camargus.com

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar dinamo dapat terhindar dari masalah, yaitu:
Untuk dinamo ampere, dapat dilakukan dengan cara:
1. Memastikan kabel aki positif negatif terpasang dengan tepat
Perlunya memastikan kabel aki ini terpasang dengan tepat agar tidak terjadi kerusakan komponen alternator atau putusnya sekring alternator karena pemasangan aki yang terbalik.
2. Menghindari kabel B+ atau yang berhubungan langsung dengan body
Kabel B+ atau positif pada umumnya tidak merusak dinamo ampere ketika bersentuhan dengan body, namun memutus sekring alternator yang berfungsi untuk mencegah terjadinya konslet.
3. Melakukan pemeriksaan berkala kemampuan dinamo amper
Pemeriksaan berkala bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dinamo amper untuk menyuplai arus listrik untuk kendaraan. Apalagi jika telah menghidupkan AC dan lampu besar secara bersamaan yang membutuhkan energi banyak sehingga perlu diketahui apakah dinamo amper dapat bertahan tanpa mengalami drop voltage. Pada umumnya, pengisian normal voltase dinamo ampere berada di antara 13,5 hingga 14,1 volt. Jika berada di bawah 13,5 volt, akan menyebabkan aki tekor.
4. Sebaiknya tidak menggunakan dinamo ampere untuk mengecas aki soak
Apabila menggunakan dinamo ampere untuk mengecas aki soak, maka akan menyebabkan arus listrik berlebih yang berujung pada rusaknya alternator, khususnya pada dioda rectifier.

Untuk informasi harga dinamo mobil,baik itu dinamo ampere maupun starter anda dapat melihat rinciannya sebagai berikut:
1. Dinamo Ampere Avanza 1300 CC dibanderol harga Rp 972.500
2. Dinamo Starter Toyota Alphard 2400 CC dibanderol harga Rp 4.500.000,-
3. Dinamo Starter Toyota Harrier 2400 CC dibanderol harga Rp 4.500.000,-
4. Dinamo Starter Toyota Camry 2400 CC dibanderol harga Rp 4.250.000,-
5. Dinamo Starter Kijang LGX EFI 1800 CC dibanderol harga Rp 700.000,-
6. Dinamo Starter Hyundai Atoz dibanderol harga Rp 750.000,-
7. Dinamo Starter Toyota Corona dibanderol harga Rp 1.400.000,-
8. Dinamo Starter Daihatsu Zebra S89 dibanderol harga Rp 550.000,-
9. Dinamo Ampere Honda CRV 90A dibanderol harga Rp 1.600.000,-


Well, sahabat otomotif, semoga info di atas dapat bermanfaat yah agar kita dapat merawat dinamo mobil dengan lebih baik dan terhindar dari masalah. Kalaupun tidak dapat terhindar dari masalah, setidaknya sahabat otomotif sudah mendapat informasi harga dinamo jika ingin mengganti dinamo yang rusak.