26 November 2016

Ayo Selidiki Harga Dan Spesifikasi Mobil ESEMKA

Tau gak kalau Indonesia memiliki mobil ciptaan anak negeri bernama ESEMKA? Yuk cek harga dan spesifikasinya disini.

9897
4.29 (85.8%) 7 votes

Table contents

  • Mobil Lokal VS Mobil Import
  • Kilas Balik Mobil Esemka
  • Spesifikasi Mobil Esemka Rajawali
  • Spesifikasi Mobil Esemka Rajawali R2
  • Spesifikasi Mobil Esemka Digdaya I dan II
  • Spesifikasi Mobil Esemka Bima 1.1, 1.3, dan 1.5
  • Spesifikasi Mobil Esemka Surya
  • Mobil Esemka Zhangaro
  • Mobil Esemka Hatchback
  • Harga Mobil Esemka

Mobil merupakan suatu barang mewah yang keberadaannya sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat di kalangan menengah ke atas. Apalagi, jenis mobil di Indonesia sangat banyak dengan harga yang bervariasi, sesuai dengan bentuk, gaya, warna, spesifikasi interior maupun exterior.

Ditambah lagi, cara untuk dapat memiliki sebuah mobil sangatlah mudah. Salah satunya anda bisa membeli secara kredit baik mobil baru maupun bekas. Itulah mengapa setiap tahun jumlah mobil terus meningkat.

Sebelum membeli sebuah mobil, tentunya anda akan mengumpulkan beberapa referensi mengenai jenis mobil apa yang sesuai untuk digunakan. Tidak hanya melihat bentuk, warna, serta ukuran, namun mempertimbangkan membeli mobil yang ramah lingkungan bisa jadi pilihan yang tepat.

Sebab selain bisa mengurangi penggunaan bahan bakar minyak, anda juga turut mengurangi pencemaran lingkungan. Apalagi pemerintah juga telah mengeluarkan peraturan mengenai Low Cost Green Car (LCGC) dan Low Carbon Emission Project (LCEP) bagi setiap produsen otomotif yang ingin memasarkan produk mereka di Indonesia.

Selain mempertimbangkan mengenai jenis mobil, sejauh ini sebagian besar masyarakat kita masih terpaku pada mobil-mobil hasil produksi luar negeri, seperti merek Honda, Toyota, dan Daihatsu yang merupakan produk keluaran Jepang.

Belum lagi beberapa merek mobil mewah seperti Ford dari USA, dan Hyundai dari Korea yang semakin menguasai pasar mobil di Indonesia. Padahal, anak bangsa Indonesia sendiri juga telah menciptakan sebuah mobil ramah lingkungan dengan harga sangat terjangkau, salah satunya yang dikenal dengan mobil Esemka.

Mobil Esemka merupakan sebutan dari suatu produk mobil hasil karya pelajar yang duduk di bangku SMK, dan merupakan gabungan dari 12 SMK jurusan otomotif di Indonesia. Beberapa SMK tersebut diantaranya SMKN 1 Singosari (Kabupaten Malang, Jawa Timur), SMK Warga Surakarta (Jawa Tengah), SMKN Surakarta, SMK Muhammadiyah 2 Borobudur (Magelang, Jawa Tengah), dan lain sebagainya.

Sejarah Mobil ESEMKA


Untuk menciptakan mobil Esemka, ke 12 sekolahan tersebut tentunya tidak bekerja sendiri, melainkan menggandeng bengkel Kiat Motor Klaten untuk menciptakan produk asli Indonesia.

Awalnya, mobil Esemka pertama kali dibuat pada tahun 2007 oleh SMK Indonesia bermitra AIK (Autocar Industri Komponen) yang menciptakan komponen mesin mobil berkekuatan 1500 cc. Begitu pula pada tahun 2008 SMK Indonesia masih meneruskan kerjasama bersama AIK untuk pembuatan komponen mesin.

Barulah pada tahun 2009 hingga 2014, para pelajar SMK muli bekerja sama dengan beberapa mitra lain, seperti PT Nasional Motor, Foday, Jinbei, PT Solo Manufaktor Kreasi, dan lain sebagainya untuk mengembangkan spesifikasi mobil Esemka yang lebih bagus. Terbukti hingga kini jenis mobil Esemka yang diproduksi sudah bertambah banyak, bervariasi, dan memberikan spesifikasi yang lebih canggih. Berikut beberapa jenis mobil Esemka beserta spesifikasinya,

Mobil Esemka yang pertama kali diciptakan adalah Esemka Rajawali. Mobil ini merupakan rakitan dari pelajar SMK Negeri Surakarta dan SMK Warga Surakarta yang memiliki mesin model SUV 1,5i dengan kapasitas 1500 cc, multi point injection 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 5500rpm, mampu menghasilkan torsi hingga 145 Nm pada 4.100 rpm dan memiliki transmisi manual 5 percepatan.

Untuk kapasitas penumpang, mobil esemka rajawali memiliki 7 tempat duduk. Selain itu, mobil ini telah dilengkapi dengan central lock, power window, AC dual zone, sensor parkir, hingga head unit CD player. Esemka Rajawali sangat cocok digunakan bagi anda yang memiliki keluarga besar

Mobil Esemka yang kedua merupakan pengembangan dari model Rajawali sebelumnya. Memiliki model yang elegan dan minimalis mobil ini diberi nama mobil Esemka Rajawali R2 dengan mesin mobil SUV. Perbedaannya, mobil ini memiliki kekuatan mesin yang lebih besar, yakni 1600 cc, namun secara kapasitas hanya mampu menampung 5 orang saja.

Meskipun demikian, fitur yang diberikan juga tak kalah lengkap, yakni memiliki Electronic Brakeforce Distribution, Anti Lock Brake System, SRS Air Bag, dan Brake Assist. Mobil ini juga sangat cocok digunakan oleh kalangan anak muda.

Berbeda dari mobil Esemka Rajawali, mobil Esemka Digdaya merupakan rakitan dari siswa-siswi SMK 1 Singosari yang didesain dengan model pikap berkabin ganda. Mobil ini pertama kali dikenalkan pada Pameran Produk Indonesia pada tahun 2009 di Kemayoran Jakarta. Tenaga penggerak mobil ini hanya berkekuatan 1500 cc, lebih rendah jika dibanding tipe Rajawali. Namun untuk spesifikasi mesin dan bodi, keduanya memiliki tipe yang sama.

Mobil Esemka Digdaya dirancang multifungsi, baik untuk kenyamanan berkendara, maupun berniaga. Meskipun dirancang sebagai mobil pikap, mobil ini tetap bisa menampung 5 penumpang. Ditambah lagi, ukuran kabin belakang sangat muat untuk mengangkut barang belanjaan ataupun barang yang lainnya.

Mobil tipe Digdaya ini dibandrol dengan harga dibawah Rp 150 juta, namun harganya pun juga bervariasi, tergantung kapasitas mesin yang anda inginkan. Baik mobil Esemka Rajawali maupun Digdaya memiliki pilihan kekuatan mesin, yani 1.800 cc, 2.000 cc, hingga 2.200 ccm. Sedangkan, khusus untuk mobil berbahan bakar diesel sudah disiapkan kekuatan 2.500 cc.

Seperti pada jenis Rajawali, mobil Esemka Digdaya juga telah berkembang menjadi lebih baik. Hal ini terbukti dengan dilahirkannya mobil Esemka Digdaya II yang memiliki mesin 1,5i dari Solo, Jawa Tengah.

Selanjutnya ada mobil Esemka Bima yang dirakit oleh siswa-siswi SMK Negeri 6 Malang. Mobil ini didesain hampir sama dengan jenis Digdaya, namun Esemka Bima tidak memiliki kabin ganda.

Mobil Esemka Bima ternyata juga memiliki tiga varian, yakni Esemka Bima 1.1, Esemka Bima 1,3, dan Esemka bima 1.5. Semua variasi mobil Esemka Bima hanya dapat menampung 2 orang saja. Sedangkan bagian kabin belakang, sangat cocok digunakan untuk membawa barang karena ukurannya yang luas.

Mobil Esemka Surya merupakan hasil rakitan siswa-siswi SMK Muhammadiyah 2 Borobudur yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Mobil ini tidak didesain sebagai mobil penumpang, maupun membawa barang-barang seperti Digdaya maupun Bima, melainkan didesain sebagai ambulan dan mobil box roti.

Beberapa jenis lain yang sudah digunakan adalah mobil Sang Surya Esemka Rajawali, Sang Surya Esemka Double Kabin, dan Sang Surya Mini Truk. Dari semua itu, mobil ambulan merupakan salah satu yang telah memiliki izin resmi untuk beroperasi.

Sama seperti mobil Esemka Digdaya maupun Esemka Bima, mobil Esemka Zhangaro didesain sebagai mobil niaga yang dapat digunakan untuk mengangkut segala macam barang-barang, sayuran, dan yang lainnya. Mobil ini dirakit oleh siswa-siswi SMK negeri 10 Malang.

Meskipun sekilas bentuknya mirip dengan Suzuki Futura atau Suzuki Carry, namun sebenarnya gearbox dan sasisnya mencangkok dari Mitsubishi Colt T 120 SS, sedangkan untuk mesin tetap menggunakan logi 1.5 I EFI. Bahan plat yang digunakan cukup tebal, yakni 1,5 mm. Memiliki bak yang sangat luas yakni 1 meter, sangat cukup digunakan untuk mengangkut barang.

Mobil Esemka Hatchback juga masih menggunakan mesin esemka 1.5i multi injection. Mobil ini sekilas mirip dengan Terios, karena lampu bagian belakang menggunakan lampu yang sama dengan terios.

Selain itu, mobil ini juga mentransmisi dari beberapa bagian mobil lainnya, seperti bagian porol propeller, rem belakang, dan handle pintu menggunakan Suzuki Escudo. Spion diambil dari mobil APV, sedangkan untuk poros input, kaca, dan wearing dibuat sendiri oleh siswa-siswi SMK.

Itu tadi beberapa jenis mobil Esemka beserta spesifikasinya. Anda pasti penasaran bukan dengan harga yang ditawarkan? Beberapa jenis mobil esemka memang sudah diketahui harganya, dan sebagian lagi belum, namun anda tidak perlu kawatir, sebab semua jenis mobil esemka akan dibandrol dengan harga yang sangat murah, yakni mulai dari Rp 95 juta hingga Rp 150 juta. Harga ini tentu sangat terjangkau jika dibanding mobil-mobil canggih produksi luar negeri.

Nah, Sebagai bangsa yang cinta terhadap produk anak negeri, tidak ada salahnya untuk anda mencoba membeli mobil SMK. Apalagi presiden Joko Widodo yang kala itu masih menjabat sebagai walikota Solo juga sempat menggunakan mobil Esemka Rajawali sebagai mobil dinasnya.

Hingga saat ini, untuk memproduksi mobil sendiri, Esemka sudah tidak perlu lagi bingung mencari pabrik mana yang mau membantu memproduksi mobil. Hal ini karena Esemka telah memiliki pabrik sendiri yang terletak di Boyolali, Jawa Tengah, dan Cileungsi Jawa Barat. Untuk itu tunggu apa lagi, yuk miliki produk karya anak bangsa dengan harga terjangkau, kualitas yang bagus, dan tentunya ramah lingkungan.