23 November 2016

Spion Mobil Rusak? Inilah Cara Memperbaikinya

Spion mobil kamu rusak? Bingung bagaimana cara memperbaikinya? Intip yuk tips berikut ini..

141034
3 (60%) 16 votes

Table contents

  • Penyebab Spion Rusak
  • Memperbaiki Spion Yang Rusak
  • Kaca Spion Pecah
  • Alat Dan Cara Memperbaiki Kaca Spion Yang Pecah
  • Pelipat Otomatis
  • Alat Dan Cara Memperbaiki Pelipat Otomatis
  • Electric Mirror Mobil Aus
  • Alat Dan Cara Memperbaiki Electric Mirror
  • Spion Mobil Patah
  • Alat Dan Cara Memperbaiki Spion Mobil Yang Patah

Spion mobil adalah kaca kecil yang berada di sisi kanan kiri mobil. Spion juga terdapat di dalam mobil untuk melihat lurus ke belakang. Beberapa mobil dilengkapi dengan spion ekstra yang terletak di ujung depan mobil. Spion meski berbentuk kecil namun tidak bisa dipungkiri memiliki peran yang sangat penting bagi pengendara. Spion akan membantu keselamatan dalam berkendara.

Melalui spion pengendara dapat melihat bagian belakang dan samping mobil sehingga dapat membantu pengemudi ketika melakukan parkir atau menentukan jarak dengan kendaraan lain di jalan. Sayangnya, spion adalah salah satu bagian mobil yang rawan mengalami kerusakan.

Harga spion cukup mahal, sehingga akan merepotkan jika berkali-kali kita menemukan kerusakan pada spion. Maka dari itu penting untuk mengetahui berbagai trik dan tips yang bisa kita lakukan ketika spion mengalami kerusakan. Memperbaiki spion sendiri juga bisa menekan biaya untuk membeli spion atau biaya perbaikan di bengkel.

Kerusakan spion dapat terjadi karena berbagai hal, jenis kerusakan pun akan beragam berdasarkan penyebabnya. Kerusakan spion dapat terjadi karena parkir yang terlalu dekat dengan kendaraan lain. Ketika menyetir mobil terlalu dekat dengan kendaraan lain, kecelakaan atau tabrakan juga bisa menyebabkan spion rusak. Harga spion yang cukup tinggi juga memungkinkan spion dicuri. Spion terletak pada bagian yang paling menjorok dibandingkan bagian lain dari mobil. Hal ini menyebabkan spion mungkin akan secara tidak sengaja tersenggol kendaraan lain saat lalu lintas sedang padat.

Berbagai penyebab ini bisa mengakibatkan beragam kerusakan pada spion. Ragam kerusakan spion antara lain kaca spion pecah, rusak di bagian electric mirror, pelipat otomatis yang tidak berfungsi, dan spion patah. Spion adalah bagian yang sangat penting sehingga tidak bisa dibiarkan tetap rusak. Bagaimanapun spion akan banyak menunjang keselamatan pengendara.

Jika mobil kamu memiliki asuransi, kamu bisa melakukan klaim ketika menemukan masalah pada spion dan masalah akan segera selesai. Masalahnya adalah ketika kamu tidak memiliki asuransi atau kamu tidak bisa melakukan klaim, maka satu-satunya solusi adalah membeli spion baru atau memperbaikinya.

Satu set spion baru memiliki harga yang tidak murah. Sehingga saat memutuskan membelinya kamu harus siap untuk merogoh kantong cukup dalam. Jasa perbaikan spion sudah banyak berdiri, tarifnya pun beragam dan relatif terjangkau. Memperbaiki spion tentu akan menghabiskan uang lebih sedikit dibandingkan membeli spion baru.

Kamu juga bisa memperbaiki spion sendiri, dengan begitu kamu akan lebih hemat lagi. Di samping itu jika memiliki pengalaman dalam memperbaiki spion sendiri, kamu tidak akan bingung ketika suatu hari spionmu kembali mengalami masalah. Ada tiga bagian yang perlu kamu ketahui dari spion, yaitu kaca spion, elektrik mirror dan pelipat otomatis. Masing-masing bagian memiliki fungsi yang berbeda sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian yang berbeda, kamu akan menangani dengan cara yang berbeda.

Kaca bisa mengalami pecah termasuk juga kaca spion. Kaca spion pecah bisa terjadi karena tabrakan atau benturan dengan kendaraan lain. Ketika kaca spion pecah, maka yang kamu lakukan adalah mengganti kaca spion tersebut. Kamu tidak perlu membeli satu set kaca spion baru, karena saat ini telah banyak dijual kaca spion saja. Harga kaca spion relatif terjangkau.

Permasalahannya terkadang adalah ukuran atau bentuk kaca spion berbeda beda tiap mobil. Namun kamu tidak perlu khawatir karena beberapa penjual menyediakan berbagai custom kaca spion yang nampak seperti aslinya termasuk untuk mobil-mobil langka.

Alat dan bahan yang kamu butuhkan adalah obeng dan kaca pengganti. Siapkan juga pisau pemotong kaca dan gerinda jika diperlukan. Langkah yang harus kamu lakukan antara lain, hilangkan kaca yang pecah dari rumah spion. Kamu bisa menghilangkannya dengan mencongkel menggunakan obeng. Bersihkan juga retakan cermin dengan cara yang sama yaitu mencongkelnya.

Siapkan kaca pengganti yang memiliki ketebalan 2 mm. Kamu bisa membeli kaca ini secara khusus, kamu juga bisa membuatnya sendiri. Kamu bisa membuat kaca pengganti dengan cara memotong kaca menggunakan cetakan dari kertas. Buatlah gambar mal pada kaca dan potong kaca dengan menggunakan pisau pemotong khusus untuk kaca. Jangan lupa untuk merapikan sudut atau pinggir kaca dengan menggunakan gerinda. Langkah terakhir adalah menempelkan kaca spion ke cover plastik dan pasang ke rumah spion.

Bagian selanjutnya yang bisa mengalami kerusakan adalah pelipat otomatis. Pelipat otomatis seringkali mengalami kerusakan pada dinamo. Hal ini terjadi karena malfungsi perlindungan dari air. Kerusakan yang terjadi tersebut dapat disebabkan oleh air yang masuk di antara sela-sela spion.

Dalam waktu lama hal ini akan menyebabkan karat pada dinamo. Karat yang menempel tersebut mengakibatkan keluarnya arus tidak maksimal jika tetap dibiarkan semakin lama dinamo kehilangan fungsinya.

Jika dinamo sudah rusak, kamu harus menggantinya dengan yang baru atau memperbaikinya. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli dinamo baru lebih mahal daripada membeli kaca spion.

Pertama kamu harus membuka pelipat otomatis. Membuka pelipat otomatis cukup ribet dan kamu harus ekstra fokus. Kamu harus membuka baut yang tertempel di doortrim terlebih dahulu. Buka rumah twitter, selanjutnya buka wood panel yang terdapat di doortrim. Jika bagian-bagian yang menempel di pintu telah lepas kamu bisa melihat kabel yang terhubung ke spion.

Lepaskan soketnya, lepaskan juga mur yang menempel. Jika mur penyangga telah dilepas, tarik spion ke arah luar. Lepaskan kaca spion kemudian tarik bagian bawah dengan perlahan. Buka bagian-bagian spion, cari permasalahan dari pelipat otomatis. Lihatlah keadaan dinamo. Jika dinamo sudah rusak, maka bisa diganti.

Bagian yang ketiga dari spion mobil adalah electric mirror. Electric Mirror dapat tidak berfungsi denga baik karena aus pada bagian drat atau gigi-gigi. Aus terjadi karena bahan pembuatan drat atau gigi-gigi. Kebanyakan untuk mobil keluaran baru, gigi-gigi spion berbahan plastik. Gigi-gigi dengan bahan ini tidak akan sekuat dari gigi-gigi berbahan metal.

Jika melakukan perbaikan, biasaya gigi-gigi ini akan diganti baik itu dengan gigi-gigi yang baru atau menggunakan gigi-gigi spion dari kendaraan lain yang tidak dipakai namun masih memiliki fungsi yang baik.

Pertama buka baut console bawah dan atas, kemudian buka cover steer. Lepaskan console spedometer, caranya dengan menarik ke atas terlebih dahulu. Berhati-hatilah dalam menarik karena ada soket kabel yang terhubung ke saklar. Jika telah selesai lepaskan soket yang terhubung ke electric mirror dan saklar defoger. Lepaskan console dan lepas baut saklar electric mirror. Selanjutnya lepaskan main PCB yang terdapat di saklar. Bersihkan jika kamu menemukan korosi. Periksa juga keadaan gigi-gigi atau drat.

Spion mobil terletak di bagian yang paling luar dan menonjol dari mobil sehingga banyak peristiwa yang bisa menyebabkan spion mobil menjadi patah. Misalkan saat berada di jalan secara tidak sengaja tersenggol kendaraan lain, atau ketika kamu mengalami tabrakan yang membuat body mobil kamu tegores dan spion patah. Spion patah juga bisa terjadi karena ada tangan jahil yang berniat mencuri spion mobil namun akhirnya membatalkannya. Ketika spion mobil patah kamu bisa memperbaiki hal ini, jadi tidak perlu memberi set spion baru dengan harga yang mahal.

Alat dan bahan yang perlu kamu persiapkan untuk memperbaiki spion yang patah adalah kunci busi, hot gun (alat pemanas), alat cungkil, isolasi hitam, palu, gunting. Pertama yang harus kamu lakukan adalah mencungkil penutup cover pintu. Cara ini akan membuat spion lepas, selanjutnya kamu perlu memanasi bagian yang patah dengan menggunakan hot gun. Lepaskan kaca spion dan kemudian panasi kembali. Lepaskan baut yang berada di tengah spion.

Menggunakan isolasi hitam, tempelkan bagian spion yang pecah. Panasi kembali bagian tersebut untuk daya rekat yang lebih baik. Sebelum menutup cover, lakukan terlebih dahulu tes spion. Pastikan bahwa spion telah berfungsi kembali dengan baik. Nah, itulah berbagai cara untuk memperbaiki spion mobil yang patah. Apakah kamu memiliki cara lainnya?