20 October 2016

8 MOBIL KLASIK TERMAHAL KOLEKSI PRESIDEN DI DUNIA

Mobil klasik bukan berarti mobil jadul atau kuno melainkan mobil klasik identik dengan kelangkaan, usia lama,dan body yang unik. Mobil klasik memiliki daya tarik tersendiri dalam memikat penggemarnya.

9880
4.2 (84%) 5 votes

Table contents

  • Mobil Klasik
  • Mobil Klasik Amerika
  • Mobil Klasik Termahal
  • Mobil Klasik Jepang Terjual di Indonesia
  • Mobil Klasik Terlangka Di Dunia
  • Mobil Klasik Jerman Terdapat Di Indonesia

Mobil klasik selalu punya cerita tersendiri dalam memikat penggemarnya. Klasik tidak hanya identik dengan usia yang sudah jadul atau kuno tetapi lebih kepada bentuk fisik yang menarik serta kelangkaannya. Mobil klasik tidak hanya memiliki penggemar dari kalangan kolektor tetapi orang-orang nomor satu di seluruh negara pun ternyata berhasil dipikat oleh mobil klasik ini. Berikut daftar mobil-mobil klasik yang berhasil dikoleksi oleh para kepala pemerintahan dari seluruh belahan dunia.

1. Cadillac 48


Cadillac 48 merupakan mobil klasik yang diproduksi pada tahun 1948 sampai 1949. Mobil ini merupakan salah satu mobil yang pernah dikendarai oleh Presiden 1 Republik Indonesia, Soekarno dan masih ada tersimpan sebagai barang koleksi pribadi beliau. Cardillac 48 dikenal juga dengan sebutan Cardillac Sixty special karena memakai platform produksi tipe series 60. Mobil berjenis sedan ini memiliki 4 pintu dengan kapasitas mesin 5.700 cc dan 5.400 cc dimana transmisinya tersedia dalam 2 tipe yaitu manual 3-percepatan dan otomatis 4-percepatan.


  Sumber: 2.bp.blogspot.com

2. Cadillac Limousine


Cadillac Limousine adalah salah satu jenis Cadillac series adalah Cadillac Limousine yang merupakan jebolan perusahaan otomotif yang berada di Amerika Serikat. Cadillac memang lebih mengarah kepada mobil mewah dan terkenal sebagai mobil dengan pengerjaan terbaik di Amerika. Mobil ini dirilis pada tahun 1951 dan pernah dikendarai oleh mantan Presiden Argentina, Juan Peron. Cadillac Limousine memiliki mesin 8-silinder dengan 5.424 cc. Mobil ini merupakan salah satu mobil yang digunakan untuk kegiatan kenegaraan.


  Sumber: www.silverstoneauctions.com

3. Rolls Royce Limo


Rolls Royce Limo juga tergolong mobil klasik yang diproduksi oleh perusahaan otomotif asal Inggris. Mobil ini terbilang sebagai salah satu mobil termahal di dunia yang harganya mencapai USD 14 Juta. Rolls Royce menggunakan mesin V 12 dengan kapasitas 5800 cc yang mampu menghasilkan maksimum power 453 hp pada 5.350 rpm, torsi 720 NM pada 3.500 rpm sehingga kecepatan maksimum dapat mencapai 240 km/jam. Rolls Royce Limo merupakan kendaraan yang pernah dikendarai oleh Sultan Brunei untuk menemani nya melakukan kegiatan pemerintahan. Selain itu, mesin Rolls Royce memanfaatkan sistem auto gearbox dengan 8-speed dan body-nya dilapisi oleh aluminium, baja, dan emas 24 karat serta beberapa fitur tambahan khusus yang dipesan oleh sang Sultan.


  Sumber: www.camargus.com

4. Rolls-Royce Ghost


Rolls-Royce Ghost merupakan salah satu series Rolls-Roys jebolan Inggris yang berhasil menarik perhatian Kaisar Rusia, Tsar Nicholas II. Mobil ini dikendarai oleh Kaisar semasa hidupnya dengan didukung oleh mesin 6-silinder yang memiliki kubikasi 7.528 cc output 50 Tk, dan jarak tempuh yang dapat mencapai 74.881 km. Mobil mewah yang dikategorikan klasik ini dilelang dengan harga 6,5 juta euro atau setara dengan Rp 9,65 Triliun.


  Sumber: www.camargus.com

5. Aston Martin Lagonda Drophead Coupe


Aston Martin Lagonda Drophead Coupe Satu lagi mobil klasik yang terjual mahal adalah mobil seri Aston Martin Lagonda Drophead Coupe yang pernah di kendarai oleh Pangeran Philip dari inggris. Mobil bermesin 3,0 Liter ini dilengkapi dengan kaca tambahan yang digunakan oleh Ratu Elizabet II untuk melihat posisi topi yang dikenakan dan sebuah telpon yang diperuntukkan untuk komunikasi Pangeran Philip dengan Istana Buckingham melalui stasiun Pye di London Utara. Mobil dengan desain atap terbuka keluaran 1954 ini meraih rekor tertinggi dalam penjualannya sebesar 350 ribu poundsterling setara dengan Rp 6,6 miliar. Aston Martin Lagonda Drophead Coupe bertahan sampai pada tahun 1961 untuk menemani Pangeran Philip melakukan rutinitas kerjanya sebelum digantikan dengan mobil yang baru.


  Sumber: blogs-images.forbes.com

6. Toyota Century


Toyota Century merupakan salah satu jenis limusin yang berhasil dirilis oleh Perusahaan otomotif Jepang pada tahun 1967. Mobil klasik buatan negari Sakura ini sering digunakan oleh keluarga kerajaan di Jepang. Toyota Century dilengkapi mesin 5 liter V12 dengan kapasitas 5.000 cc dan tenaga kuda yang mencapai 280 hp. Target utama pembuatan mobil ini adalah memberikan kenyamanan kepada siapapun yang mengendarainya. Toyota Century memiliki desain klasik dengan 4 buah pintu dan memiliki kapasitas 5 penumpang , sedangkan untuk interiornya lebih terfokus pada dashboard, pintu, serta jok yang menampilkan nuansa khas Jepangnya. Selain itu, pada bagian depan, belakang, dan samping diberi logo “Century” dan menerapkan sistem peredam suara yang sangat tinggi dan juga terdapat GPS, sensor, dan rela kamera di dalam mobil. Toyota century berhasil masuk ke Indonesia dalam jumlah yang kecil hanya 3 unit dan dijual dengan harga Rp 6 Miliar.


  Sumber: www.camargus.com

7. Zil 41047


Koleksi mobil klasik lainnya yang tak kalah heboh berhasil dikendarai oleh kepala pemerintahan yaitu unit Zil 41047 produksi tahun 1980, GAZ 12 ZiM 1949, GAZ 13 Chaika Limousine 1956, GAZ M20 Porbeda keluaran 1946-1958, ZAZ 965 keluaran tahun 1960, ZAZ 966 produksi 1967, Rolls Royce, serta Chevy Impala SS biru. Berbagai macam jenis mobil klasik ini berhasil dikoleksi oleh Presiden Ukraina, Viktor Yanukovych. Mobil-mobil klasik ini didominasi oleh mobil hasil produksi perusahaan otomotif Rusia dan terbilang langka karena satu varian warna dipadukan dengan beberapa unit warna yang berbeda sehingga menampilkan desain eksteriornya yang eksklusif.


  Sumber: www.camargus.com

  Sumber: www.camargus.com

8. Mercedez Benz 500SEL


Mercedez Benz 500SEL merupakan jenis kendaraan klasik yang pernah dikendarai oleh Presiden kedua Indonesia, Soeharto. Mobil klasik produksi Jerman ini memiliki mesin dengan tipe M11.963 yang dilengkapi 8 silinder berkapasitas 5.0 L dan kecepatan maksimum sebesar 220 km/jam. Uniknya, Mercedez-Benz 500SEL ini dilengkapi dengan kaca anti peluru setebal 3 inci.

Well, demikianlah 8 mobil klasik yang pernah dikendarai oleh Orang nomor satu dari beberapa negara di Dunia. Gimana, guys? Pengen ikutan nyoba mengendarai salah satu mobil di atas? Why Not? Kalian juga bisa kok jadi “History Maker”. May your dream come true. Salam Otomotif!