2 November 2016

Inilah Teknik Yang Benar dalam Mengecat Mobil

Mengecat mobil pada prinsipnya harus melibatkan orang yang profesional atau yang ahli dalam bidang pengecatan kendaraan baik mobil maupun motor.

32147
3.33 (66.6%) 6 votes

Table contents

  • Teknik Yang Benar dalam Mengecat Mobil
  • Pendempulan Body Mobil
  • Bersihkan Bagian Mobil Yang Akan Dicat
  • Oles Dempul
  • Ampelas Bagian Yang Sudah Didempul
  • Pengecatan Body Mobil
  • Siapkan Cat
  • Mulai Mengecat Body Mobil
  • Tambahkan Clear Dan Compound
  • Bahan Dan Alat Yang Digunakan
  • Jenis-Jenis Cat

Mengecat mobil pada prinsipnya harus melibatkan orang yang profesional atau yang ahli dalam bidang pengecatan kendaraan baik mobil maupun motor. Untuk proses pengecetan sendiri terdiri dari beberapa tahap dan dibutuh masing-masing ahli disetiap tahapannya seperti bagian dempul oleh tukang dempul dan bagian pengecetan oleh tukang cat. Namun, jika seorang lebih profesional dapat hanya dilakukan oleh satu orang melakukan dua pekerjaan sekaligus.

Bagi seorang yang sudah profesional ataupun pemula akan selalu belajar bagaimana cara mengecat yang benar agar mendapatkan hasil yang maksimal dan pasti terlihat sempurna. Selain cara yang benar, hal lain yang harus diperhatikan dalam pengecetan yaitu kualitas dari cat itu sendiri. Cat yang bagus tentu saja akan menghasilkan tampilan yang menarik pada mobil anda.

Nah disini Camargus akan jelaskan bagaimana cara mengecat body mobil yang benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pada dasarnya proses pengecatan itu terdiri dari dua tahap yang paling utama yaitu pendempulan dan pengecatan. Pada proses pengecatan dibutuhkan pengalaman dan kerja serius serta ketenangan dalam bekerja.

Hasil pengecatan juga tergantung pada hasil dempulan, sehingga kerja tukang dempul sangat penting dan tidak bisa dianggap remeh. Pendempulan yang bagus akan terlihat padat dan tidak ada terlihat bolong-bolong. Dan jika hasil pendempulan tidak merata tentu akan berpengaruh terhadap hasil akhir (setelah pengecatan) dan akan mengecewakan para pelanggan.

Tentu saja hal ini harus dilakukan pertama kali untuk menghilangkan kotoran yang ada di body mobil anda, agar bersih dan mendapatkan hasil yang diinginkan.


  Sumber: encrypted-tbn3.gstatic.com

Mengoleskan dempul tipis dan merata. Ketika mengoles harus dilakukan secara perlahan-lahan dan tetap konstan, jangan terlalu cepat ataupun jangan terlalu lambat. Jika hasilnya bolong-bolong, maka pendempulan harus diulangi hingga halus dan rata. Tunggu sampai dempul setengah kering kemudian dempul kembali hingga mendapatkan ketebalan dempul yang diinginkan.


  Sumber: encrypted-tbn0.gstatic.com

Sebelum diampelas, sebaiknya tunggu dempul hingga mengering. Setelah kering dilanjutkan dengan diampelas. Ampelas dengan menggunakan ampelas kasar hingga mendapatkan bentuk yang diinginkan. Dan untuk hasil yang lurus sebaiknya menggunakan media plat atau lempengan yang ditempelkan pada ampelas. Lalu, ulangi pengampelasan dengan ampelas halus dan ditambah dengan menggunakan air.

Setelah dempul benar-benar kering dilanjutkan dengan mengecat mobil. namun sebelumnya, sebaiknya sebelum pengecatan semprot dulu dengan poxy kemudian ampelas (ukuran 2000) dengan menggunakan air, sehingga tampak halus dan merata.


  Sumber: 2.bp.blogspot.com

Sebelum melakukan pengecatan, tentu saja anda harus terlebih dahulu memilih warna cat yang diinginkan. Tapi sebagian besar warna cat mobil bukanlah warna dasarnya, sehingga warna cat yang dihasilkan belum tentu sesuai dengan keingginan anda. sebaiknya membeli cat di toko khusus cat duco dan pilih yang memiliki kualitas bagus. Untuk harga cat mobil sendiri tidak terlalu mahal sekitar 100 hingga 300 ribu rupiah, namun biaya pengecatannya itu yang mahal bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta untuk pengecatan seluruh body mobil.


  Sumber: www.camargus.com

Sebelum melakukan pengecatan, hal yang pertama dilakukan adalah menyiapkan cat. Cat sebelumnya dicampur dengan pengencer kemudian dituang pada spray gun. Kemudian nyalakan kompresor dan sambung selang anginnya.

Ketika mengecat usahakan dengan gerakan yang stabil dan merata tidak boleh terlalu cepat ataupun lamban. Jika terlalu sepat dapat menghasilkan cat yang tidak merata dan jika lamban akan membuat cat terkumpul dan meleleh, yang menyebabkan hasil cat menjadi keriput. Gerakan mengecat dialkukan dari arah kenan ke kiri dan atas kebawah, dan pastikan jangan berhenti sebelum selesai.

Saat melakukan pengecatan atur jarak semprotan kira-kira 30 cm dari body mobil. Setelah selesai, tunggu hingga cat kering dan lakukan pengecatan kembali.


  Sumber: 2.bp.blogspot.com

Pada tahap terakhir gunakan clear atau varnis agar hasilnya lebih mengkilap. Namun, cat yang masih baru biasanya memiliki permukaan yang kasar, sebaikknya anda gunakan compound untuk menghaluskannya.

Bahan-bahan dan alat-alat yang digunakan untuk mengecat body mobil anda sebagai berikut:

- Dempul (kualitas bagus)

- Ampelas kasar dan halus (sebaiknya berbahan kertas)

- Poxy

- Cat duco

- Varnis/clear

- Spray gun

- Kompresor

- Kape atau scrap (untuk mengoles dempul)

Cat yang digunakan pada setiap jenis kendaraan berbeda-beda. Jenis atau bahan cat bisa dibedakan menjadi tiga jenis sebagai berikut:

- Nitro cellulose : cat jenis ini biasa digunakan pada kendaraan niaga dan truk. Keunggulan dari cat ini adalah cepat kering, namun cat jenis ini akan cepat pudar dan tidak terlalu kinclong.

- Poly urethane : untuk cat yang satu ini memiliki harga yang cukup mahal, dan biasa disebut dengan sebutan cat oven. Memang cat ini jika sudah diaplikasikan tidak mudah kering jadi untuk mempercepat pengeringan dilakukan dengan mengovennya. Dan hasil dari pengecatan dengan cat ini keras dan sangat kinclong, sehingga tahan terhadap goresan. Cat jenis ini merupakan tipe cat dengan kualitas yang excelent.

- Lacquer : dibandingkan dengan kedua tipe cat diatas, untuk cat jenis Lacquer ini merupakan cat yang paling murah. Namun tentu saja terdapat kelemahan yaitu cat yang cepat memudar

Ketika anda akan membeli cat duco anda bisa membawa bagian tutup bahan bakar mobil anda saja untuk mencocokkan warna yang pas. Dan jangan lupa untuk membeli tinner yang memiliki kualitas yang sama dengan cat yang anda beli. Jika anda akan mengecat, jangan lupa tutup bagian yang tidak dicat dengan koran atau penutup lainnya. Dan lakukan pengecatan di tempat yang teduh dan berventilasi sempurna, agar cat lebih cepat kering. Anda bisa melakukannya pada semua merk mobil seperti Toyota, Honda, Suzuki, Isuzu, Daihatsu, dan lainnya.

Jika anda ragu dengan kemampuan anda, sebaiknya serahkan semuanya pada yang sudah ahli. Anda dapat menyerahkannya ke bengkel yang mempunyai peralatan yang lengkap dan tenaga kerja yang bagus. Biasanya bengkel yang bagus akan memasang tarif yang lebih mahal, tapi hasilnya pasti tidak mengecewakan anda.

Demikianlah info yang telah Camargus sajikan, semoga bermanfaat bagi anda semua. Dan jangan lupa terus up date info-info berikutnya. Salam otomotif!