3 November 2016

Mengatasi Kaca Mobil Tergores Dengan Gampang

Pernahkah anda mengalami kaca mobil tergores setelah memakai wiper? berikut ini adalah cara yang sangat mungkin dilakukan untuk menghilangkan goresan kaca di rumah.

74119
3.5 (70%) 6 votes

Table contents

Pernahkah anda mengalami kaca mobil anda tergores setelah memakai wiper? Hal ini sangat mungkin terjadi karena pada saat itu kaca mobil dalam kondisi kotor dan anda langsung membersihkannya dengan wiper. Bukan bersih yang anda peroleh namun goresan pada kaca mobil anda. Hal ini menjadi sangat menjengkelkan bukan? Sebenarnya penggunaan wiper untuk membersihkan kaca mobil harus hati-hati, kadang kotoran yang terbawa oleh tetesan juga dapat menggores kaca mobil anda. Nah goresan tersebut pastinya sangat mengganggu pandangan anda saat berkendara. Jika dibiarkan begitu saja, goresan akan semakin bertambah banyak di kaca mobil anda. Goresan menyebabkan kaca mobil anda terlihat kotor dan bisa menurunkan penampilan mobil anda. Jadi perlu penanganan yang cepat untuk memperbaiki atau menghilangkan goresan pada kaca mobil anda.

Cara berikut ini yang Camargus sajikan bisa anda lakukan dirumah tanpa perlu ke bengkel dan mengeluarkan biaya yang lebih mahal.

Sebelumnya kaca mobil yang tergores dicuci terlebih dahulu. Cuci kaca dengan menggunakan air dan kemudian dikeringkan dengan lap. Hal ini dilakukan agar tidak ada kotoran yang bisa menambah goresan lebih parah lagi.


  Sumber: encrypted-tbn1.gstatic.com

Setelah bersih, kemudian kaca yang tergores di ampelas fungsinya untuk meratakan goresan. Caranya yaitu menggosok dengan menggunakan ampelas halus berlawanan arah dengan arah goresan. Misalnya goresan horizontal, maka anda harus menggosoknya dengan arah sebaliknya yaitu vertikal. Setelah itu, dibersihkan kembali dengan air dan dikeringkan dengan lap halus.


  Sumber: 4.bp.blogspot.com

Sebelum melakukan proses selanjutnya, sebaiknya pinggiran kaca di lapis dengan menggunakan selotip dan body modil ditutup dengan koran, agar tidak terkena cairan yang dapat merusakknya.


  Sumber: 3.bp.blogspot.com

Bubuk poles dicairkan dengan menggunakan air, hati-hati saat mencairkannya agar terbentuk pasta yang pas. Air yang dituangkan sebaiknya sedikit demi sedikit. Jika campuran terlalu cair dapat membuat proses pemolesan lebih lama. Hal ini dikarenakan sifat abrasive pada bubuk akan semakin rendah.

Jika campuran poles sudah siap, selanjutnya mengoleskan campuran tersebut di atas backing pad yang sudah terpasang pada alat bor. Jika tidak ada alat seperti ini, bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan tangan, di mana poles kaca dengan gerakan memutar.


  Sumber: 4.bp.blogspot.com

Saat memoles kaca lakukan gerakan melingkar ke seluruh bagian kaca mobil dengan ratadan berikan sedikit tekanan pada bagian kaca yang tergores. Sebaiknya saat melakukan hal tersebut, sesekali basahi kaca mobil tersebut dengan air. Hal ini dapat mencegah kaca mobil bergelombang atau retak akibat panas yang ditimbulkan karena gesekan antara campuran poles dengan ampelas.

Jika masih terlihat goresan pada kaca, dapat tambahkan bubuk cerium oxide. Poles kaca hingga bekas goresan tidak terlihat lagi. Setelah selesai, kaca dibersihkan dan gunakan lap chamois agar kaca mobil anda terlihat lebih berkilau.

Tips lainnya yang lebih mudah untuk menghilangkan goresan yaitu dengan menggunakan pasta gigi dan amonia. Berikut adalah cara menggunakan kedua bahan tersebut:


  Sumber: www.camargus.com

Benda yang satu ini sangat mudah sekali diperoleh, karena merupakan benda yang setiap hari kita gunakan untuk membersihkan gigi kita. Selain untuk membersihkan gigi ternyata pasta gigi ini memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya dapat menghilangkan goresan pada kaca mobil. Namun goresan yang dimaksud adalah goresan yang tidak terlalu dalam pada kaca mobil.

Cara untuk mengaplikasikannya adalah dengan mengambil pasta gigi secukupnya lalu usapkan pada kaca yang tergores. Kemudian gosok dengan menggunakan kain yang halus seperti kain microfiber.

Selain pasta gigi, cara mudah lainnya untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil dengan menggunakan amonia. Cara menggunakannya dengan mencampurkan antara air dengan amonia. Perbandingannya adalah ½ liter air dan 15 ml amonia dicampur dan aduk rata. Setelah campuran homogen, kemudian celupkan kain pembersih yang halus nan lembut ke dalam campuran tersebut. kain yang sudah dibasahi, lalu gosokkan kain pada goresan yang terdapat di kaca mobil dengan gerakan memutar. Sesekali berikan air untuk membersihkannya. Jika goresan belum juga hilang, maka ulangi cara tersebut sekali lagi hingga goresan memudar atau tidak terlihat lagi.

Berikut ini adalah bahan-bahan dan alat yang perlu disiapkan sebelum melakukan hal diatas:

- Bubuk poles

- Cerium oxide (bubuk poles yang sudah mengandung cerium oxide)

- Chamois

- Pasta gigi

- amonia

- Polish pad

- Semprotan air

- Selotip

- Koran

- Ampelas halus

- Lap halus

Demikianlah tips atau cara mudah untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil anda yang tentunya bisa anda lakukan dirumah tanpa pergi ke bengkel yang bisa menghabiskan uang anda. Namun, Jika goresan pada kaca mobil anda terlalu dalam sebaiknya di bawa ke tangan yang lebih ahli atau ke bengkel. Hal ini untuk mengurangi resiko akan memperparah goresan dan kondisi kaca mobil anda, bahkan anda bisa mengeluarkan biaya yang lebih banyak lagi. Anda bisa mengaplikasikannya ke semua jenis atau merk mobil seperti Suzuki, Toyota, Daihatsu, Isuzu, Honda, Hyundai, Audi, Ford, Chevrolet, Mazda, Peugeot, dan yang lainnya.

Semoga informasi yang Camargus sajikan dapat memberikan manfaat bagi sobat otomotif. Jangan lewatkan info-info lainnya dan terus up date ya. Salam otomotif!