29 September 2016

Tips-Tips Merawat Dan Membersihkan Dashboard Mobil

Dashboard mobil merupakan bagian yang perlu mendapat perhatian khusus dan berikut ini tips-tips untuk merawat dan membersihkan dashboard mobil.

86055
5 (100%) 3 votes

Table contents

  • Bersihkan Debu
  • Menggunakan Sedikit Air
  • Menggunakan Cairan Pembersih
  • Menggunakan Lapisan Pelindung

Dashboard mobil adalah bagian dalam mobil yang selalu sering terkena sinar matahari secara langsung dalam hitungan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu keadaan dashboard mobil bisa berubah menjadi kusam sejalan dengan bertambahnya usia mobil. Dashboard mobil merupakan bagian dari dalam mobil yang harus mendapat perhatian yang khusus setiap waktu.

Dashboard mobil selain berfungsi sebagai panel berbagai switch dan indicator, dashboard mobil juga merupakan batasan fisik antara penumpang dengan pemandangan di luar kaca mobil bagian depan. Bukan hanya sinar matahari saja, debu dan kotoran yang melekat juga bisa menyebabkan penampilan dashboard tampak kusam dan terkesan kotor serta dapat merusak bagian dashboard mobil tersebut. Oleh karena itu supaya kondisi dashboard mobil Anda tetap dalam keadaan baik dan bagus walaupun usia mobil Anda sudah 5 tahun lebih, maka dashboard mobil memerlukan perawatan yang khusus. Berikut ini tips-tips merawat dan membersihkan dashboard yang harus Anda ketahui.


  Sumber: www.camargus.com

Bersihkan Debu

Bersihkan Debu merupakan salah satu tips untuk merawat dan membersihkan dashboard mobil

Sebelum membersihkan dashboard, alangkah baiknya jika Anda mencuci mobil terlebih dahulu supaya Anda bisa dengan mudah dalam membersihkan dashboardnya. Selanjutnya sebelum Anda memulai membersihkan dashboard, permukaan dashboard harus dikosongkan dari benda-benda yang berada di atas dashboard. Ambil semua benda-benda tersebut dan taruh ke dalam satu wadah kemudian simpan ke tempat lain dengan rapi.

Perawatan yang paling mudah dan simpel untuk merawat dashboard mobil yaitu dengan membersihkan debu dan kotoran yang menempel di atas permukaan dasboard. Untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel, Anda dapat menggunakan kemoceng, kain lap serta penyedot debu. Untuk bagian-bagian sudut yang sulit dijangkau, Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas yang tidak dipakai lagi. Kemudian, ujung sikat gigi dilembabkan dengan sedikit air dan sikat pelan-pelan bagian dashboard mobil yang masih terdapat debu dan kotoran. Sikat gigi yang digunakan bulu sikatnya harus masih lembut karena kalau bulunya kasar bisa menggores permukaan dashboard itu sendiri.


Kemudian hal yang harus Anda perhatikan adalah setiap bagian lekukan dan juga sudut dekat kaca depannya, sebab sering kali debu dan kotoran bersembunyi di bagian tersebut. Apabila Anda menggunakan penyedot debu untuk membersihkan dashboard, gunakan penyedot debu yang portable dan juga mempunyai selang belalai sehingga debu dan kotoran yang menempel disela-sela dashboard bisa ikut tersedot. Jika Anda menggunakan kemoceng atau kain lap, gunakan kemoceng serta kain lap yang mempunyai tekstur permukaan halus dan lembut.




  Sumber: www.camargus.com

Menggunakan Sedikit Air

Tips selanjutnya yaitu menggunakan sedikit air

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan sedikit air, ini cara khusus dengan menggosok permukaan dashboard secara merata. Ketika menggosok permukaan dashboard, tidak dianjurkan untuk menekannya terlalu keras, karena hal ini dapat menyebabkan permukaan dashboard menjadi tergores. Setelah merasa cukup bersih, lap bagian-bagian yang basah tersebut dengan kain lap yang khusus. Anda bisa memakai kain lap microfiber yang banyak terjual di toko-toko perawatan kendaraan bermotor. Lap bagian tersebut dengan perlahan-lahan agar apabila telah kering tidak sampai menimbulkan flek ataupun noda di permukaan dashboard. Hal yang perlu Anda ketahui adalah kain lap yang digunakan untuk membersihkan dashboard jangan direndam dengan air, cukup dilembabkan dengan sedikit air.


  Sumber: www.camargus.com

Menggunakan Cairan Pembersih

Tips berikutnya yaitu dengan menggunakan cairan pembersih agar dashboard terlihat lebih mengkilap

Tips berikutnya adalah membersihkan dashboard dengan menggunakan cairan pembersih. Pertama, Anda harus menyiapkan air sabun atau shampoo khusus untuk mobil dan apabila tidak ada bisa menggunakan shampoo yang biasa, asalkan tidak mengandung detergen aktif, misalnya seperti shampoo Sunsilk, ataupun shampoo murah dan lain sebagainya. Tidak dianjurkan untuk mamakai sabun cuci atau sabun pembersih rumah tangga lainnya. Dashboard mobil biasanya terbuat dari bahan-bahan khusus yang bisa saja sensitif terhadap pembersih biasa. Menggunakan bahan pembersih yang tidak tepat untuk dashboard dapat menyebabkan permukaan dashboard menjadi kusam, belang, ataupun meninggalkan bekas usapan. Setelah itu persiapkan kuas yang kecil, atau kuas yang biasa digunakan untuk melukis berukuran sedang, busa pencuci mobil, kain lap chamois dan kain lap katun bersih yang lembut dan kering.


Berikutnya, masukkan sabun ataupun shampoo ke dalam ember yang berukuran sedang dan tuangkan air secukupnya lalu aduk-aduk sampai merata hingga berbusa. Kemudian ambil kain lap chamois atau busa pencuci mobil dan celup-celupkan ke dalam air busa yang telah siap. Untuk kain lap chamois atau busa pencuci mobil jangan terlalu banyak airnya supaya tidak menetes atau bahkan akan membasahi atau mengotori jok mobil atau karpet mobil Anda sendiri. Setelah itu semprotkan cairan pembersih tadi secukupnya ke permukaan dashboard, gunakan kain lap yang kering dan lembut untuk meratakannya ke seluruh permukaan dashboard.

Lalu gosoklah secara perlahan-lahan permukaan dashboard mobil Anda dengan lembut dan merata, saat menggosok permukaan dashboard jangan terlalu keras menekannya karena kemungkinan akan menyebabkan permukaan dashboard menjadi tergores dan mungkin akan membuat dashboard Anda retak atau bahkan pecah. Apabila debu dan kotoran yang melekat terlalu tebal di permukaan dashboard, Anda bisa menuangkan shampoo di atas kain lap chamois atau busa pencuci mobil kemudian gosokkan langsung ke permukaan dashboard tersebut. Lakukan cara ini beberapa kali hingga debu dan kotorannya hilang sampai permukaan dashboard menjadi bersih.

Khusus untuk bagian dalam panel instrument seperti Odometer, Speedometer, Ampere meter, RPM meter dan panel-panel lainnya, semprotkan cairan pembersih yang khusus untuk bagian interior mobil ini. Ada beberapa jenis pembersih dashboard diantaranya yaitu berupa cairan atau foam, dan gunakan pembersih dashboard yang berjenis lotion. Usahakan untuk tidak menggunakan cairan pembersih dashboard yang mengandung silicone karena dapat membuat permukaan dashboard menjadi belang. Lalu, kain lap chamois diperas sehingga tidak ada lagi air yang menetes dari kain lap tersebut, setelah itu bersihkanlah panel-panel tersebut secara perlahan, lembut dan merata, demikian juga untuk kaca panelnya, usapkan secara lembut dan usahakan jangan ditekan terlalu keras, karena dapat menyebabkan retak ataupun pecahnya permukaan pada panel instrument tersebut.

Setelah semua permukaan dashboard mobil dibersihkan dengan air sabun tadi, kain lap chamois dicuci dan dibilas hingga benar-benar bersih dari busa shampoo tadi, dan apabila kain lap chamois sudah bersih dan agak lembab, usapkan sekali lagi kain lap chamois tersebut ke permukaan dashboard sampai merata dan bersih hingga kering. Lakukan sekali lagi sampai bekas air sabun benar-benar bersih dari permukaan dashboard. Apabila telah selesai yang tadi usapkan kembali dengan kain lap kering baru yang masih bersih hingga permukaan dashboard benar-benar kering.


  Sumber: www.camargus.com

Menggunakan Lapisan Pelindung

Menggunakan Lapisan Pelindung adalah tips merawat dan membersihkan dashboard selanjutnya agar dashboard tidak mudah kusam

Apabila permukaan dashboard telah kering, langkah selanjutnya yaitu kita akan melapisi permukaan dashboard dengan chemical pelindung plastic, Polyturethane dan Vinyl. Ada berbagai merek lapisan pelindung dashboard yang terjual di toko-toko akssesories mobil. Mulai dari harganya yang ekonomis, sampai dengan yang cukup mahal seperti KIT interior, Sonax, Son Of Gun, 3M, Autoglim, Wurth dan lain sebagainya tergantung selera Anda sendiri.

Setelah permukaan dashboard benar-benar bersih dan kering, Anda dapat mulai melapisi permukaan dashboard dengan chemical pelindung tersebut. Semprotkan cairan pelindung ke permukaan dashboard. Cairan pelindung boleh disemprot sekaligus atau bagian demi bagian. Setelah semua permukaan dashboard disemprot cairan pelindung secara merata, kemudian permukaan dashboard digosok dengan kain lap kering dan bersih dengan gerakan memutar dan cukup tekanan, sampai merata. Untuk bagian-bagian yang sulit dijangkau oleh tangan, dapat dibersihkan dengan kuas bersih hingga merata.

Untuk permukaan panel instrument, gosokkan secara lembut dan tidak boleh menekannya terlalu keras, supaya tidak retak ataupun pecah. Untuk bagian dengan debu, kotoran serta bercak yang membandel, cara di atas dapat dilakukan beberapa kali sampai kotoran hilang dan permukaan dashboard menjadi benar-benar bersih mengkilap.

Agar dashboard mobil Anda menjadi mengkilap kembali, Anda dapat menggunakan pembersih dashboard yang berbahan dasar water base. Setelah itu lap kembali permukaan dashboard menggunakan kain lap yang halus dan kering agar permukaan dashboard lebih kesat dan mengkilap. Aplikasikan produk pelindung dashboard ini akan memberikan lapisan pelindung terhadap paparan sinar matahari, kotoran, dan debu.

Setelah dilapisi dengan cairan pelindung tersebut, perawatan selanjutnya yaitu cukup di lap dengan kain lap katun kering dan bersih. Lapisan pelindung yang mempunyai kualitas dan bagus mampu menjaga kebersihan dan melindungi dashboard dari teriknya sinar matahari sampai beberapa bulan lamanya, dilihat dari pemakaian dan tempat kendaraan yang diparkir setiap harinya. Apabila setiap hari diparkir di tempat terbuka dan terkena panas matahari terik, alangkah baiknya jika dashboard lebih sering dilapisi dengan lapisan pelindung ini.