20 September 2016

Cara Jitu Membersihkan Evaporator AC Mobil

AC adalah salah satu bagian mobil yang wajib untuk dijaga kebersihannya. Kamu ingin tahu bagaimana cara membersihkan evaporator AC mobil dengan benar? Intip yuk kiat - kiatnya berikut ini!

114206
4.5 (90%) 4 votes

Table contents

  • Siapkan Perlengkapan Yang Diperlukan
  • Temukan Filter AC Pada Mobilmu
  • Buka Filter AC
  • Tempatkan Spray Pembersih Pada Posisi Yang Tepat
  • Nyalakan AC Mobil Kamu
  • Setting AC Mobil Kamu
  • Semprotkan Cairan Pembersih Evaporator

Air Conditioner atau AC merupakan salah satu komponen penting dalam mobil. AC dapat memberikan udara sejuk saat cuaca panas di luar mobil, sehingga memberikan kamu rasa nyaman. AC juga dapat mengurangi kondensi yang diakibatkan hujan sehingga mengurangi bahkan menghilangkan embun pada kaca mobil.

AC memiliki beberapa bagian antara lain kompresor AC, kondensor AC, receiver drier, evaporator, kontrol panel, heater unit dan berbagai komponen pendukung lain. Bagian-bagian tersebut memiliki fungsi masing-masing, walau begitu antar bagian saling terhubung sehingga kinerja AC menjadi maksimal. Salah satu bagian penting pada AC mobil adalah evaporator dan kali ini kita akan membahas salah satu komponen AC tersebut.

Evaporator memiliki beberapa komponen yang saling berhubungan, yaitu cooling coil, blower, expansi valve, sensor thermostat dan box evaporator. Proses penyaluran udara dingin dimulai dari cooling coil dan expansi valve kemudian ditiupkan oleh blower melalui kisi-kisi angin yang ada pada kabin mobil, suhu udara dingin selanjutnya diatur oleh sensor thermostat. Proses inilah yang membuat kamu merasa sejuk saat berada di kabin mobil.

Terdapat dua macam evaporator yang tergantung pada jenis mobil. Pertama single blower, AC single blower terletak di dalam dasbor atau pada beberapa jenis mobil diletakkan di bawah dasbor. Kedua double blower, AC double blower terletak di langit-langit kabin atau beberapa mobil diletakkan di dalam dinding kursi belakang. AC single blower umumnya digunakan untuk mobil pick up atau mobil dengan CC kecil, sedangkan AC double blower biasanya digunakan untuk mobil double cabin atau mobil dengan CC besar.

Bisa dikatakan evaporator adalah salah satu komponen AC yang langsung berhubungan dengan kamu di kabin. Udara yang kamu hirup saat sedang berada di mobil adalah udara hasil penyaringan evaporator, sehingga jika evaporator dalam keadaan kotor maka udara yang kita hirup adalah udara yang melewati evaporator kotor tersebut. Bisa di bayangkan, bagaimana kualitas udara yang akan kita hirup. Penting untuk menjaga kebersihan evaporator karena dengan menjaga kebersihan udara yang kamu hirup berarti kamu juga menjaga kesehatan kamu.

AC biasanya memiliki satu lubang penghisap udara yang langsung terhubung dengan jalur sirkulasi AC. Lubang udara tersebut diletakkan di bawah dasbor dan letaknya cukup rendah. Posisi ini membuat penghisap udara rentan menghisap debu atau udara kotor yang berasal dari karpet mobil. Beberapa AC mobil sudah didesain dengan dilengkapi filter udara, namun tetap saja debu atau udara kotor tetap dapat terhisap. Keadaan ini yang membuat evaporator menjadi kotor mulai dari tumpukan debu hingga berlendir.

Kotoran dan debu yang menutupi evaporator tidak hanya menyebabkan udara melewati saluran yang kotor tapi juga membuat AC kurang kencang dan kurang dingin. Evaporator berbentuk kotak dan bentuk ruangnya berliku sehingga apabila ada pengendapan kotoran maka proses pendinginan udara menjadi tidak optimal. Kamu bisa memperhatikan beberapa indikasi yang menunjukkan bahwa evaporator mulai kotor dan perlu dibersihkan. Indikasi tersebut antara lain jika udara berbau apek atau hembusan blower semakin lemah maka kamu perlu melakukan pembersihan evaporator.

Evaporator berfungsi mengubah cairan freon menjadi gas dingin. Evaporator yang jarang dibersihkan dapat membuat kotoran menjadi menumpuk sehingga bukan hanya menurunkan performa AC namun juga menyebabkan kebocoran. Kebocoran tersebut disebabkan karena terjadinya korosi sehingga evaporator mengalami keropos.

Perawatan terhadap AC maupun evaporator mesti rutin untuk dilakukan. Jangan menunggu hingga evaporator kotor atau AC menjadi tidak dingin. Perawatan yang rutin dilakukan akan mencegah terjadinya penyumbatan sehingga tidak sampai merusak komponen AC. Perawatan dapat membuat kamu lebih hemat, dengan merawat komponen AC kamu dapat menghindari kerusakan komponen dan tentunya tidak perlu membeli komponen yang diakibatkan kerusakan tersebut. Jika memang kamu harus membeli komponen yang baru, perawatan bisa membuat rentang waktu untuk membeli komponen baru menjadi lebih lama atau jangka waktu penggunaan komponen lebih lama.

Membersihkan evaporator dengan cara manual dapat memakan waktu antara 3 hingga 4 jam. Perkiraan waktu tersebut juga bisa lebih lama jika kamu tidak hafal cara membongkar dasbor pada kendaraanmu. Setiap mobil memiliki kondisi yang berbeda. Pada beberapa kendaraan dasbor dapat dibongkar hanya dalam hitungan menit, sehingga dapat menghemat waktu untuk membersihkan evaporator. Mobil Toyota, Avanza, Xenia atau Kijang Innova misalnya membongkar dasbor hingga memasangnya kembali termasuk memasang evaporator dan isi freon dapat memakan 3 hingga 4 jam.

Biaya untuk membersihkan evaporator ac mobil berkisar antara Rp600.000,- hingga Rp800.000,- untuk kendaraan seperti Avanza, Xenia atau Innova. Biaya tersebut telah mencakup isi freon dan tambahan oli kompresor. Bukan hanya di bengkel, Kamu juga bisa membersihkan sendiri evaporator AC mobilmu di rumah.

Keuntungan membersihkan evaporator sendiri selain lebih hemat tapi kamu bisa melihat kondisi evaporator AC mobilmu. Kamu bisa mengetahui jika ada tanda keropos atau kisi-kisi evaporator sudah tidak terlalu baik, sehingga kamu bisa mempersiapkan untuk mengganti evaporator. Harga evaporator berkisar antara Rp800.000,- hingga Rp3.500.000,- tergantung merk kendaraan.

Garis besar membersihkan evaporator adalah membongkar evaporator kemudian disemprot kisi-kisi evaporator dengan air bertekanan untuk menghilangkan lendir atau kotoran debu yang menempel menutupi saluran udara pada evaporator.

Langkah membersihkan evaporator AC mobil adalah sebagai berikut :


  Sumber: www.camargus.com

Alat dan bahan yang perlu kamu siapkan sebelum mulai membersihkan evaporator adalah cairan pembersih evaporator AC mobil (kamu bisa membeli cairan pembersih ini di pasaran), manual book jika kamu belum hafal cara membongkar filter mobil, kain lap atau kain pembersih.


  Sumber: cdnku01.autobild.co.id

Kamu harus mematikan mobil dan menemukan lokasi filter jalur asupan udara AC. Kebanyakan pemilik mobil tidak mengetahui letak filter ini. Jika kesulitan, kamu dapat membaca buku manual kendaraan. Lokasi filter umumnya berada di sekitar atau di balik glove box.


  Sumber: www.camargus.com

Kamu perlu memperhatikan dengan cermat langkah dalam membuka filter tersebut, sebab jika tidak berhati-hati maka kamu dapat merusak komponen lainnya. Jika kamu sudah membuka filter, angkat filter dan periksa keadaannya. Kamu perlu segera mengganti jika keadaannya sudah sangat kotor.


  Sumber: www.camargus.com

Sebelum proses dimulai jangan lupa untuk mengocok kaleng spray beberapa kali. Sisipkan selang sprayer ke arah blower. Kamu harus tahu bahwa penyisipan ini dilakukan agar foam dapat terarah sempurna ke blower.


  Sumber: www.camargus.com

Kamu telah menempatkan spray pada posisi yang tepat dan siap disemprotkan ke blower, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyalakan mesin mobil. Kemudian jangan lupa untuk menyalakan AC mobil kamu juga ya..


  Sumber: www.camargus.com

Atur AC pada suhu paling dingin atau pada tiupan blower paling kencang saat akan membersihkan evaporator AC. Setting ini juga berlaku bagi mobil double blower. Kamu harus membuka semua kisi-kisi atau ventilasi AC dan juga jendela mobil kamu.


  Sumber: www.camargus.com

Ketika semua persiapan sudah dilakukan, pastikan kembali posisi selang semprotan sprayer tidak berubah kemudian semprotkan cairan pembersih hingga habis. Cairan pembersih akan berbentuk seperti foam saat digunakan. Saat kamu menyemprotkan cairan pembersih dan keluar air dari dalam AC, kamu tak perlu panik. Tetap lakukan penyemprotan dan biarkan air yang keluar tersebut. Biarkan AC tetap menyala 10 hingga 15 menit setelah cairan pembersih habis. Selama 10 hingga 15 menit tersebut kamu dapat membersihkan air yang keluar dari ventilator AC. Kotoran yang menyumbat evaporator akan keluar bersamaan dengan air yang terbuang dari pipa AC di bawah mobil kamu.

Saat evaporator dibongkar, freon dalam sistem ac harus direcovery atau dikosongkan. Jika kamu akan mengisi freon maka kamu perlu beberapa peralatan tambahan, seperti vacum untuk membuang udara, isi freon, manifold gauge dan oli kompresor. Oli kompresor digunakan untuk melumasi kompresor AC mobil agar tidak mudah rusak.

Kamu telah membersihkan evaporator AC mobil dan sekarang dalam keadaan bersih. Berikutnya kamu perlu menjaga dan merawat evaporator AC dalam penggunaan sehari-hari.

Beberapa tips untuk merawat evaporator adalah pertama, gunakan selalu AC mobil kamu. AC mobil yang jarang digunakan membuat gas freon mengendap dan memuai, maka membuat evaporator cepat keropos. Jika AC sering digunakan sirkulasi gas freon tidak mengendap pada evaporator sehingga evaporator bisa lebih bersih. Kedua, jangan merokok di dalam kabin mobil. Asap rokok yang dihasilkan dapat membuat evaporator mengalami pengeroposan dan bisa menyebabkan kebocoran.